Dinas Pendidikan Siap Kaji Penambahan Lambang Pancasila di Seragam Siswa

METROSEMARANG.COM – Dinas Pendidikan Kota Semarang menyambut baik inisiatif dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota untuk pemasangan lambang Garuda Pancasila di bagian dada seragam seluruh siswa sekolah di kota ini. Usulan tersebut akan ditindaklanjuti dengan membentuk tim yang akan membahasnya.

Kepala Disdik Kota Semarang, Bunyamin. Foto: metrosemarang.com/dok

“Ya Mas kami akan bicarakan dengan tim Disdik (Dinas Pendidikan) untuk menindaklanjutinya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin, saat menanggapi usulan Komisi D DPRD Kota Semarang untuk pemasangan lambang Pancasila di baju seragam siswa sekolah, Rabu (10/5).

Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang Rukiyanto sebelumnya mengusulkan pemasangan lambang Pancasila di seragam seluruh siswa sekolah dan juga pegawai Pemkot Semarang. Alasannya untuk menanamkan jiwa Pancasila di tengah maraknya oknum-oknum golongan atau kelompok tertentu yang gerakannya mengarah kepada perpecahan bangsa dan menolak Pancasila sebagai dasar negara.

Bunyamin mengatakan, semangat jiwa Pancasila memang perlu terus ditanamkan kepada setiap warga negara Indonesia termasuk pelajar, terutama dalam rangka memperkuat NKRI. Nilai-nilai yang terkandung di dalam setiap Sila dalam Pancasila, menurutnya harus menjadi semangat membangun negeri oleh setiap warga masyarakat.

“Semangat membangun negeri yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila harus dapat diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tanah air Indonesia,” tegasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.