Dinas Perdagangan Segel 29 Kios di Pasar Pedurungan

METROSEMARANG.COM – Penyegelan kios kosong di pasar tradisional masih terus dilakukan. Pada Jumat (12/5), Dinas Perdagangan Kota Semarang kembali menyegel 29 kios dari total 400 kios milik pedagang di Pasar Pedurungan.

Dinas Perdagangan melakukan pantauan di Pasar Pedurungan, Jumat (12/5). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, hari ini pihaknya menerjunkan dua tim yang melakukan pengecekan harga jelang puasa dan penyegelan kios di Pasar Pedurungan. Dari 29 kios yang disegel, karena dibiarkan kosong oleh pedagangnya selama sekitar 3 bulan.

”Dulu pedagang di Pasar Pedurungan menghendaki sekitar 35 kios diundi, tapi ternyata setelah diundi masih banyak yang ditutup dengan alasan tidak laku, belum siap dan lainnya, sehingga disegel,” ungkapnya.

Penyegelan kios sudah diberitahukan kepada para pedagang sejak pertengahan Januari lalu agar segera menempati kiosnya. Jika lebih dari 3 bulan tidak ditempati maka kios akan langsung ditarik menjadi milik Dinas Perdagangan lagi.

Pihaknya mempersilakan kepada pemilik kios yang disegel segera menghubungi dinas jika mau mengurus. Namun jika tidak diurus maka kios akan diberikan kepada pedagang baru yang mau berjualan di pasar.

”Kita segel 29 kios di lantai atas dan bawah. Karena dari sisi PAD (Pendapatan Asli Daerah) kita merugi, kalau misalnya Rp 5.000 kali 29 kios maka rugi sekitar Rp 150 ribu per hari. PAD kita tidak jalan, padahal kita dinas yang ditarget untuk menghasilkan PAD,” pungkasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.