Dinilai Efektif Urai Kemacetan, RHK akan Diperbanyak

Ruang Henti Khusus (RHK) dinilai efektif mengurai kemacetan di bundaran Pertamina Jalan Pemuda. Foto Metrosemarang/Ilyas Aditya
Ruang Henti Khusus (RHK) dinilai efektif mengurai kemacetan di bundaran Pertamina Jalan Pemuda. Foto Metrosemarang/Ilyas Aditya

SEMARANG – Setelah resmi diuji coba awal Februari lalu, program Ruang Henti Khusus (RHK) yang digagas Satuan Lalu-lintas Polrestabes Semarang terbilang cukup berhasil. Rencananya, mulai bulan depan, RHK akan diperbanyak lagi.

Terlihat, pada ujicoba tahap awal yang dibangun di lampu merah bundaran Pertamina Jalan Pemuda Semarang, pengguna jalan sudah mulai terbiasa dengan adanya RHK. Tentu saja hal tersebut berperan besar  dalam mengurai kemacetan.

“Ujicoba pertama terbilang sangat efektif. Untuk masyarakat yang menggunakan mobil, sudah mulai paham dan mau berhenti di belakang garis merah,” ucap Kasatlantas Polrestabes Semarang, Pungky Bhuana, Sabtu (28/2).

Oleh karena itu, menurut Pungky, di bulan Maret mendatang pihaknya akan kembali membangun RHK di beberapa titik macet di Kota Semarang. Tentu saja dalam hal ini ia mengaku akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Semarang.

“Bulan depan di sepanjang Jalan A Yani juga akan dibangun. Terutama di perempatan Bangkong dan Milo,” imbuh Pungky.

Terkait dengan penerapan sanksi kepada pengguna jalan yang melanggar RHK, ia mengaku hingga saat ini belum akan diberlakukan. Sementara hanya berupa peringatan dari petugas kepolisian yang ada di titik-titik RHK. “Nantinya tetap akan ada sanksi berupa tilang karena termasuk melanggar rambu-rambu jalan,” tandasnya. (yas)

You might also like

Comments are closed.