Dinyatakan Bebas, 73 TKI di Malaka Dipulangkan Sabtu Besok

METROSEMARANG.COM – Negosiasi panjang yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jawa Tengah yang dibantu Kemenlu untuk membebaskan 73 tenaga kerja Indonesia (TKI), akhirnya menemui titik terang.

Wika Bintang
Foto: metrosemarang.com/efendi

Setelah sempat ditahan dua bulan di Imigrasi Malaka, Malaysia, Disnakertransduk memastikan mereka akhirnya dipulangkan. Proses pemulangan para pejuang devisa itu akan dilakukan pada Sabtu (31/3) besok.

Kepala Disnakertransduk Jateng, Wika Bintang menerangkan tahap pemulangan dibagi tiga kloter. Para TKI tersebut naik pesawat Lion Air bernomor lambung JT 516 dan JT 512 dari Kuala Lumpur lalu transit Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, selanjutnya tiba di Bandara Internasional Ahmad Yani pada Sabtu pagi.

Pesawat kloter pertama, kata Wika membawa sembilan TKI dijadwalkan mendarat ke Bandara Ahmad Yani pukul 08.30 WIB pagi. Kemudian pada siang harinya, dijadwalkan datang lagi kloter kedua membawa 22 TKI pukul 15.50 WIB.

Untuk kloter ketiga tiba pukul 15.00 WIB sore membawa 42 TKI pukul 16.30 WIB. “Jumlah semuanya 73 orang,” ungkap Wika, saat berbincang dengan metrosemarang.com, Kamis (29/3).

Lebih jauh, ia menjelaskan, keputusan untuk memulangkan 73 TKI itu dilakukan setelah mereka dinyatakan bebas bersyarat dalam kasus penempatan kerja di Malaysia.

Menurutnya hakim pengadilan Imigrasi Malaka menyatakan telah memutus 73 TKI itu tak bersalah saat datang ke Malaysia untuk bekerja.

Dalam kasus tersebut, hakim menilai Permit Of Work yang dikeluarkan PJTKI asal Jateng dinyatakan keliru sehingga membuat para TKI tidak bisa melanjutkan pekerjaannya di sana.

“Dari semula harusnya ditempatkan di Johor Baru. Mereka malah disalurkan oleh PJTKI-nya di Malaka. Tentu hal ini membuat mereka tidak bisa melanjutkan pekerjaannya. Yang sudah terlanjur bekerja dua tahun, terpaksa diputus kontrak. Ini lebih baik ketimbang mereka ditahan pihak imigrasi,” tuturnya.

Dari TKI sebanyak itu, 37 orang di antaranya berasal dari Purworejo, 35 orang dari Kebumen dan seorang TKI lagi dari Klaten.

Ia mengaku telah mengontak pihak keluarga masing-masing untuk menjemput TKI di Bandara Ahmad Yani.

“Untuk lebih jelasnya soal kronologi pengiriman 73 TKI ke Malaysia, pas Sabtu besok bisa mengonfirmasi ke pimpinan PJTKI yang ikut datang menjemput di Bandara Ahmad Yani,” ujar Wika. (far)

You might also like

Comments are closed.