Dipijat dengan Golok, Khasiatnya Seperti Detoks

HAMPIR tak ada yang istimewa pada deretan rumah-toko yang berdiri di tepi Jalan Gang Tengah Nomor 40, Kecamatan Semarang Tengah. Suasananya ramai. Dua mobil diparkir di depan salah satu ruko. Di dalam ruko, lima orang sedang mengantre. Mereka bilang, sedang mengantre berobat.

Seolah biasa saja. Tapi ketika melihat cara pengobatan yang membuat mereka rela antre, menjadi sedikit mengherankan. Pengobatan yang tak lazim.

pijat golok alternatif
Danny Utomo saat menjajal pijat golok untuk meredakan pegal linu. (foto: metrosemarang/Fariz Fardianto)

Ardian Cangianto menenteng golok yang lumayan besar, seukuran pisau daging dan tampak tajam. Golok itulah yang dipakai untuk pengobatan, sebagai alat terapi.

Giliran terus berjalan. Seorang yang tadinya mengantre sudah dipanggil. Ia diminta membuka baju atasan, lalu tengkurap. Ardian melapisi punggung pasiennya dengan selembar kain, lalu mengambil golok. Golok di tempelkan di punggung pasien, lalu ditekan-tekan seperti orang memijat.

“Saya lagi batuk-batuk dan badan capek. Saya nyobain terapi pijat golok di sini,” kata Danny Utomo, pasien itu. Danny tidak merasa takut. “Malah enak pijatannya,” kata Danny. Tak hanya punggung, kepala Danny pun tak luput dari pijatan mata golok.

Danny takjub, karena keesokan hari setelah pemijatan, dahak yang menyumpal di tenggorokannya lantas mudah dikeluarkan. “Sangat mujarab. Tenggorokan saya lega,” ujar Danny yang girang karena batuk yang belakangan ini mengganggunya.

“Setelah saya rasakan, badan lumayan enak. Nggak pegal lagi, batuknya mulai hilang,” kata Danny.

Menurut Ardian Cangianto, metode pengobatan pijat golok itu sudah biasa dilakukan penduduk Taiwan. Dahulu orang-orang di Taiwan memakai pisau bekas jagal binatang.

“Itu (pisau bekas jagal binatang – red) lebih ampuh. Tapi kalau di sini pakai pisau biasa. Ini merupakan pengobatan alternatif. Mulai saya kenalkan kepada masyarakat di Semarang,” kata Ardian.

Ardian memaparkan, khasiat pijat golok seperti detoks. Penyakit-penyakit yang tak lazim, tak biasa ditemui pada masyarakat bisa diatasi. Bahkan, kata Ardian, pijat golok dapat menghilangkan aura negatif pada manusia. Pasien yang datang kepada Ardian sendiri biasanya mengeluhkan pusing, sampai pegal linu.

Ardian selama ini tak pernah mematok tarif untuk memberikan layanan pijat golok. Baginya, terapi itu diperuntukan untuk menolong orang-orang yang sakit tanpa pamrih. “Sehingga, sebisa mungkin saya obati dengan pijat golok. Saya lakukan sukarela dan tidak memasang tarif,” jelasnya.

Selain keterampilan memijat memakai golok, Ardian juga mahir memijat menggunakan sumpit. Terapi jenis itu khusus untuk meredakan migrain dan sakit kepala lainnya. (Fariz Fardianto)

Comments are closed.