Disdik Semarang akan Lakukan Pengadaan Genset

METROSEMARANG.COM – Pengadaan komputer dan genset akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun depan. Sebab saat ini ada sebanyak 79 sekolah yang masih menjalankan UNBK menginduk ke sekolah lainnya atau meminjam laboratorium komputer dari perguruan tinggi.

Genset di SMP Muhammadiyah 3 Semarang. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

”Ada beberapa sekolah swasta yang masih menginduk dan ada juga yang tidak pakai komputer. Kami sudah menyampaikan ke Dinas Pendidikan setelah ujian ini agar segera ada pengadaan komputer untuk sekolah swasta yang akan dibantu dana pemkot,” kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMPN 5 Semarang, Selasa (2/5).

Sehingga UN berikutnya sekolah swasta yang saat ini masih menginduk ke sekolah lain bisa menyelenggarakan UNBK sendiri. Selain itu, Hendi-sapaan akrabnya wali kota, meminta Dinas Pendidikan juga melakukan pengadaan genset sebab semua sekolah yang menjalankan UNBK belum memiliki genset. Semuanya masih sewa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

”Seperti di SMPN 5 sewa satu hari Rp 1 juta, saya sudah instruksikan ke dinas supaya mencari beberapa pabrikan genset yang e-katalog sehingga di anggaran perubahan bisa pengadaan genset,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin mengatakan, pengadaan genset siap dilakukan melalui e-katalog sehingga tidak perlu dilakukan lelang. Sebab jika dengan lelang di anggaran perubahan tidak akan cukup waktunya.

”Kita akan pelajari dulu, sekolah negeri akan dicukupi dulu gensetnya. Genset semua sekolah negeri belum punya, saat ini semuanya sewa,” ujarnya. Sedangkan untuk pengadaan komputer juga akan dilakukan secara bertahap. (duh)

You might also like

Comments are closed.