Dishub dan Kepolisian akan Evaluasi Jalur Satu Arah

METROSEMARANG.COM – Dinas Perhubungan Kota Semarang akan melakukan evaluasi penerapan jalur Sistem Satu Arah (SSA). Beberapa ruas jalan di Kota Semarang yang sudah diterapkan jalur searah yakni Jalan Imam Bonjol, Jalan Pemuda, Jalan MH Thamrin, Jalan Mentri Supeno, Jalan Veteran hingga Jalan Kariadi.

Petugas Dishubkominfo sibuk menghalau pengendara yang akan menerobos jalur searah di pertigaan Menteri Supeno, Kamis (5/1). Penerapan jalur searah akan dievaluasi. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Kepala Dishub Kota Semarang Muhammad Khadik mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan rapat evaluasi jalur sistem satu arah itu dengan Satlantas Polrestabes Semarang. Dengan adanya jalur SSA ini prinsipnya untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

“Namun demikian dalam pelaksanaanya setelah beberapa bulan harus dilakukan evaluasi untuk diperbaiki,” katanya.

Pihaknyamenuturkan, sistem one way ini tidak menutup kemungkinan akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada selama pelaksanaannya. Oleh karena itu hasil evaluasi nanti akan menjadi final pelaksanaan SSA yang diterapkan di sejumlah jalan.

Pengamat Transportasi Unika Semarang Djoko Stijowarno mengatakan, penerapan sistem satu arah bukan untuk mengatasi kemacetan namun untuk mengurai arus lalu lintas. Namun menurutnya, sistem satu arah yang diberlakukan sudah cukup tepat sebagai salah satu upaya untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Semarang.

“Hanya salah satu yang mesti diperhatikan pemerintah yaitu permasalahan parkir, karena sejauh ini jalan yang dijadikan sistem satu arah justru dimanfaatkan untuk parkir,” ungkapnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.