Dishub Sebut Ada 150 Angkutan Umum yang Tidak Laik Jalan

METROSEMARANG.COM – Ada sebanyak 150 armada angkutan umum diakui Dinas Perhubungan Kota Semarang sudah tidak laik jalan karena kondisinya sudah rusak atau usia uzur. Setiap operasi selalu ada sekitar 12-17 angkutan umum yang terkena tilang.

Ilustrasi. Dishub menemukan 150 angkutan umum di Semarang tidak layak jalan. Foto: metrosemarang.com/dok

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kota Semarang Yatmin mengatakan, keberadaan angkutan umum tidak laik jalan sudah dilakukan pendataan, tapi penindakan terhadap angkutan umum tersebut baru bisa dilakukan dengan memberikan surat tilang.

‘’Yang tidak laik jalan kurang lebih 150 angkot, tapi kalau yang ditilang setiap kita operasi kisaran 12-17 mobil,’’ kata Yatmin saat dihubungi, Jumat (19/1).

Diakui, penindakan angkutan tidak laik jalan belum dilakukan dengan pengandangan secara paksa karena berbagai pertimbangan. Salah satunya ketersediaan lahan tempat parkir untuk angkutan tersebut belum punya jika harus tegas langsung dikandangkan.

Kebutuhan untuk lahan parkir angkutan tidak laik jalan tersebut sudah dibicarakan dengan bagian aset Pemerintah Kota Semarang, yang diharapkan bisa dilakukan pengadaan pada tahun ini. Termasuk diharapkan nanti penataan lahannya juga.

‘’Kebutuhan lahan untuk tempat parkir kurang lebih 1.500 m2, kita masih bicarakan dengan pihak aset dan juga penataan lahannya,’’ tegasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.