Dishub Siapkan Masa Angkutan Lebaran H-10 sampai H+15

METROSEMARANG.COM – Dinas Perhubungan Kota Semarang telah mempersiapkan rencana angkutan Lebaran 1438 H yang akan dilaksanakan H-10 sampai H+15. Selama masa angkutan Lebaran akan digelar operasi pemeriksaan kelaikan jalan kendaraan di terminal-terminal secara mendadak.

Terminal Terboyo
Foto: metrosemarang.com/dok

Operasi pemeriksaan angkutan Lebaran ini seperti uji emisi, kelengkapkan sarana dan prasarana kendaraan dan lainnya. Hal ini dilakukan mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya kecelakaan yang merugikan masyarakat dan dapat mengganggu kelancaran arus mudik dan balik Lebaran.

Selain itu, Dishub akan melakukan pemeriksaan driver atau supir apakah kesehatannya layak untuk mengemudi kendaraan. Pemeriksaan angkutan Lebaran dan driver ini akan dilakukan sebelum masa angkutan Lebaran dan berkoordinasi dengan Kemenhub serta Dinas Perhubungan Provinsi Jateng.

”Kita akan bersama-sama melaksanakan baik di Terminal Mangkang yang milik Kemenhub, Terminal Penggaron milik Pemprov Jateng, maupun di terminal milik Pemkot sendiri seperti Terminal Cangkiran dan Terboyo,” kata Kepala Dishub Kota Semarang, Muhammad Khadik, Rabu (31/5).

Pihaknya sudah membentuk tim internal untuk kegiatan masa angkutan Lebaran ini yang melibatkan hampir seluruh personil Dishub. Serta akan membentuk posko-posko Lebaran di simpul-simpul rawan kemacetan, pasar tumpah, banjir dan rob yang masing-masing akan ditempatkan petugas.

Posko Lebaran tersebut antara lain akan didirikan seperti di Terminal Mangkang, depan Kantor Kecamatan Tugu, Pamularsih, depan Matahari Simpanglima, Jalan Pandanaran, Terminal Terboyo, dan posko terpadu di depan Gedung Pandanaran atau Tugu Muda.

”Tim internal dijadwalkan akan melakukan pengecekan angkutan Lebaran sebelum pelaksanaan Lebaran, serta saat pelaksanaan Lebaran. Akan rutin melakukan kegiatan pengecekan kelaikan jalan angkutan lebaran secara mendadak,” pungkasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.