Dishub Terapkan Contraflow untuk Urai Kemacetan di Pandanaran

METROSEMARANG.COM – Strategi contraflow di Jalan Pandanaran mulai diberlakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Semarang pada Jumat (30/6) siang. Hal tersebut untuk membuat arus kendaraan para pemudik di kawasan pusat oleh-oleh khas Semarang itu tetap lancar.

Ilustrasi. Strategi contraflow diterapkan di Jalan Pandanaran untuk mengurai kemacetan saat Libur Lebaran. Foto: metrosemarang.com/don

Arus kendaraan di Jalan Pandanaran tersebut setelah selesai salat Jumat mulai dipadati oleh kendaraan baik roda empat maupun dua. Para pemudik banyak yang mencari oleh-oleh sebagai buah tangan saat kembali ke Jakarta atau tempat kerjanya.

Contraflow yang diterapkan oleh Dinas Perhubungan Kota Semarang, yakni menjadikan jalur menuju Tugu Muda menjadi tiga lajur. Sementara jalur yang menuju ke Simpang Lima dipersempit menjadi satu lajur.

‘’Kami terapkan strategi contraflow. Tiga lajur untuk jalur dari Simpang Lima ke Tugu Muda, sedangkan jalur dari Tugu Muda hingga Simpang Lima kita persempit,’’ kata Koordinator Lapangan Pospam Jalan Pandanaran Dinas Perhubungan Kota Semarang, Zamroni, Jumat (30/6).

Untuk menjamin kelancaran arus lalu lintas di Pandanaran, Dishub menurunkan sebanyak 30 personel yang berjaga shift dari pagi hingga malam. Mereka ditugaskan untuk menjaga jalur Pandanaran tetap lancar. Selain itu mengarahkan pengujung pusat oleh-oleh untuk parkir di Museum Mandala Bhakti. (duh)

You might also like

Comments are closed.