Diskominfo Pamerkan PIP Semarang kepada Delegasi Uni Eropa

METROSEMARANG.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang turut mengenalkan Pusat Informasi Publik (PIP) Kota Semarang kepada 12 duta besar negara anggota Uni Eropa yang berkunjung ke Ibu Kota Jateng ini, Rabu (24/1).

Para dubes Uni Eropa disuguhi profil Kota Semarang di Gedung PIP, Rabu (24/1). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Dengan diantar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi para diplomat tersebut disajikan tayangan video tentang profil Kota Semarang di ruang Studio Mini lantai 2 PIP. Juga mendapat penjelasan tentang fungsi PIP oleh Kepala Diskominfo Kota Semarang Nana Storada.

Nana Storada menjelaskan, PIP yang terletak di Balai Kota Semarang menjadi kebanggaan Pemerintah Kota Semarang sebagai pusat informasi tentang Semarang. Termasuk info soal perencanaan sampai penganggaran dan kemajuan yang terjadi di Kota Semarang.

‘’PIP ini inisiasi dari Wali Kota yang memberikan 3 layanan dalam satu tempat. Yaitu layanan informasi, pengaduan, dan fasilitas. Ada fasilitas tempat rapat, untuk belaajar, warnet, ruang kerjasama, dan bioskop mini,’’ paparnya.

Sejak berdiri 28 Oktober 2014 lalu PIP telah dikunjungi lebih dari 130 ribu orang. Dan menjadi rujukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) RI sebagai pusat informasi publik yang terbuka, karena biasanya eksklusif.

‘’Buka dari hari Senin sampai Sabtu dan dari jam 07.00 sampai jam 21.00. Caranya mudah untuk menggunakan fasilitas hanya cukup datang dan mengisi buku tamu,’’ ujarnya.

Menanggapi pertanyaan dari salah satu dubes apakah PIP juga memberikan transparansi soal kebijakan anggaran Pemerintah Kota Semarang, Nana Storada menegaskan memang seperti itu. PIP juga menyediakan informasi dari perencanaan hingga penganggaran dan penggunaan anggaran di setiap dinas. (duh)

You might also like

Comments are closed.