Diterjang Angin Lesus, 9 Dukuh di Boyolali Porak-poranda

METROSEMARANG.COM – Sembilan dukuh di Desa Metuk, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, porak-poranda akibat angin lesus yang menerjang kawasan tersebut, Jumat (25/3) petang. Dua rumah warga roboh dan puluhan lainnya mengalami kerusakan.

Angin lesus menerjang bersamaan dengan turunnya hujan lebat yang terjadi sekitar pukul 17.00.  Dua rumah yang roboh yakni milik Gito Rebo, warga Dukuh Tegaljaro dan Sugiyat, warga Dukuh Gondangsari. Puluhan rumah lainnya rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang. Ratusan pohon yang tumbang ke tengan jalan mengakibatkan akses jalan desa sama sekali tak dapat dilalui.

Rumah warga tertimpa pohon akibat angin lesus yang menerjang Boyolali, Jumat (25/3). Foto: metrojateng.com
Rumah warga tertimpa pohon akibat angin lesus yang menerjang Boyolali, Jumat (25/3). Foto: metrojateng.com

Kepala Desa Metuk, Wukir Santoso mengatakan, sembilan dukuh yang diterjang hujan deras disertai angin ribut tersebut, yakni Dukuh Tegaljaro, Gondangsari, Grenjeng, Sidorejo, Metuk, Diyeng, Dososari, Rejomulyo, dan Rejoso. “Pendataan sementara ini ada dua rumah roboh, 36 rumah rusak tertimpa pohon di enam dukuh,” kata dia kepada wartawan Sabtu (26/3).

Menurut Wukir, wilayan paling parah yang terkena dampak angin lesus adalah Dukuh Tegaljaro dan Gondangsari. Di kedua dukuh ini banyak pepohonan besar yang tumbang.

Sabtu pagi, warga bergotong-royong membersihkan puing-puing rumah warga yang roboh. Pohon-pohon yang tumbang menimpa rumah dipotongi dan atapnya diperbaiki. Selain itu, warga juga memotongi pohon yang tumbang ke tengah jalan agar dapat dilalui lagi. Dalam kerja bhakti ini, warga dibantu tim dari PMI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kodim dan Polres Boyolali. (metrojateng.com/MJ-07)

You might also like

Comments are closed.