DLH Operasikan 88 Kontainer Sampah Baru

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 88 kontainer baru untuk mengangkut sampah ke TPA Jatibarang telah dioperasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang. Tahun depan diharapkan ada 105 unit kontainer lagi yang diremajakan.

Pemkot terus melakukan peremajaan kontainer untuk memaksimalkan pengelolaan sampah. Foto: metrosemarang.com

”Untuk truk kontainer sampah saat ini sudah banyak yang baru, ada 88 buah. Yang ada gambarnya di kontainer,” kata Kepala DLH Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, Jumat (4/8).

Dijelaskan, kontainer baru tersebut berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Kontainer tersebut dilapisi dengan fiber dan cat dengan nuansa lingkungan hidup sehingga tidak akan cepat berkarat dan keropos. Kontainer juga dinilai tidak akan terjadi kebocoran di sela-sela besi.

Diakui, jumlah kontainer yang perlu diganti seharusnya ada sekitar 200 unit dari total 400 kontainer yang dimilikinya saat ini. Tapi karena keterbatasan anggaran pembaharuan akan dilakukan secara bertahap. Tahun ini anggaran yang dialokasikan hanya sebesar Rp 2,5 miliar yang hanya cukup untuk membeli 88 kontainer tersebut. ”Pembelian melalui E-Katalog,” kata Gunawan Saptogiri.

Tahun depan pengadaan kontainer baru akan dianggarkan lagi sebanyak 105 unit, sehingga keseluruhan kontainer yang rusak akan diganti. ”Kontainer rusak dan belum diganti masih dipakai, kondisinya masih bisa dipakai, tapi yang sudah tidak bisa dipakai kita kandangkan,” pungkasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.