Donor Darah HUT Semarang Kumpulkan 203 Kantong Darah

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 203 kantong darah dari 348 pendonor darah berhasil dikumpulkan dalam kegiatan donor darah rangkaian menyambut HUT ke-470 Kota Semarang di balai kota. Kantong darah tersebut kemudian akan digunakan sebagai cadangan darah Kota Semarang untuk didistribusikan kepada yang membutuhkan.

Para peserta saat mendonorkan darahnya pada kegiatan menyambut HUT Kota Semarang di balai kota. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Pemkot Semarang menggandeng PMI Kota Semarang dalam menggelar kegiatan donor darah ini. Antusiasme warga untuk mengikuti acara ini memang cukup besar. Terbukti dari jumlah darah yang diperoleh lebih banyak dari biasanya hanya mencapai 100 kantong darah.

Aksi sosial ini diikuti mulai dari Kodim 0733/BS Semarang, aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Semarang, termasuk dari UPTD Pendidikan, Kecamatan dan Kelurahan. Selain itu, para pelajar dari beberapa SMK dan SMA di Kota Semarang, Dharma Wanita Persatuan, TNI, Polri dan pihak swasta juga turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini.

“Jadi tak hanya kegiatan ziarah, dan lomba-lomba saja yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Semarang ke-470, Pemkot Semarang juga melaksanakan program sosial kemasyarakatan yang berbentuk aksi sosial donor darah,” kata Ketua Penyelenggara, Suparman, Kamis (20/4).

Ia menjelaskan, tujuan dari aksi donor darah HUT ke 470 Pemkot ini yaitu menggugah kepedulian seluruh lapisan masyarakat, termasuk karyawan di lingkungan Pemkot untuk membantu sesama. Karena setetes darah bisa bermanfaat untuk menolong nyawa seseorang.

“Selain itu, mengajak masyarakat menyumbangkan darah secara rutin dan meningkatkan jumlah pendonor darah sukarela tetap,” katanya.

Salah seorang pendonor dari Mijen, Samsudin (35) sengaja datang ke acara donor darah ini saat melihat spanduk acara. Selain bentuk kepedulian terhadap warga yang membutuhkan, Samsudin mengaku selalu turut serta setiap ada kegiatan donor darah.

“Donor darah bikin tubuh saya merasa segar dan sehat,” ujar Samsudin yang mengaku sudah lima kali mendonorkan darahnya ini. (duh)

You might also like

Comments are closed.