DP2K Dukung Revisi DED Pasar Johar

METROSEMARANG.COM – Dewan Pertimbangan Pembangunan Kota (DP2K) Semarang mendukung adanya revisi Detail Engineering Design (DED) rencana pembangunan Pasar Johar. Sebab dalam sebuah pembangunan apapun termasuk pasar pemerintah harus akomodatif.

Pedagang Pasar Johar menggelar demo di Balai Kota Semarang, Senin (20/2). Mereka menolak pasar dibangun menjadi 6 lantai. Foto: metrosemarang.com/isnin yusuf

Dukungan itu terkait dengan pedagang Pasar Johar yang kemarin melakukan aksi demo di balai kota menolak pembangunan pasar terdiri dari 6 lantai. Karena dikhawatirkan lantai atas akan sepi pembeli. Pedagang menghendaki pasar cukup dibangun maksimal 3 lantai.

Ketua Harian DP2K Semarang Prof Sudharto P Hadi mengatakan, keinginan para pedagang itu harus diakomodir. Apalagi mereka merasa tidak diikutsertakan dalam penyusunan DED. Dalam pembangunan pasar pemerintah harus melakukan pendekatan dengan pedagang.

”Memang harus dilakukan dengan pendekatan luar biasa, tidak bisa hanya biasa-biasa saja,” katanya, Selasa (21/2).

Pihaknya juga menilai pembangunan pasar hingga 6 lantai tidak efektif, terlalu tinggi. Mungkin cukup 3 lantai seperti diminta para pedagang. Terkait 6 lantai agar menampung semua pedagang, dia meminta data pedagangnya harus diperbaiki lagi.

”Apakah data jumlah pedagang yang sekarang memang sudah valid. Jadi tuntutan pedagang ini juga bisa sekaligus moment untuk menata,” katanya.

Ditambahkan, sebelumnya DP2K juga sudah menyarankan pemerintah agar membangun Pasar Johar dengan dana APBD. Supaya dapat menjamin semua pedagang yang terdampak kebakaran nanti bisa kembali masuk ke Pasar Johar. (duh)

You might also like

Comments are closed.