DPRD Kota Semarang Luncurkan e-Sarapan

METROSEMARANG.COM – DPRD Kota Semarang meluncurkan aplikasi e-Sarapan atau Saran, Aspirasi dan Harapan pada dewan yang bisa dilakukan melalui aplikasi elektronik. Peluncuran ini merupakan inovasi terbaru yang kembali dilakukan oleh wakil rakyat Kota Semarang ini.

Peluncuran e-Sarapan DPRD Kota Semarang dalam kegiatan Dialaog Interaktif DPRD di Hall Balai Kota, Jumat (28/7). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi mengatakan, aplikasi e-Sarapan ini merupakan salah satu saluran komunikasi antara dewan selaku wakil rakyat dengan masyarakat Semarang. Selama ini aspirasi yang disampaikan masyarakat ke dewan bisa melalui beberapa saluran. Mulai dari reses yang dilaksanakan setahun tiga kali, ketemu langsung dewan, atau melalui surat.

Namun seiring dengan tingginya mobilitas masyarakat, tidak semua masyarakat bisa menghadiri reses atau ketemu langsung dengan wakil rakyat. ”Melalui e-Sarapan ini masyarakat bisa menyampaikan aspirasi, saran dan harapan pada dewan, semua masukan ini akan kami tindaklanjuti dan kita kawal,” kata Supriyadi, setelah meluncurkan e-Sarapan di Hall Balai Kota, Jumat (28/7).

Dalam peluncuran aplikasi tersebut juga dibarengi dengan dialog interaktif DPRD Kota Semarang dengan narasumber selain Supriyadi, juga ada Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Semarang Dr Nana Storada, Dirut Dinustech Muhammad Sidiq dan Kabid Perencanaan, Pembangunan dan Evaluasi Bappeda Kota Semarang, Novianti.

Supriyadi menambahkan, aplikasi e-Sarapan ini memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi pada dewan. ”Kita membuka komunikasi yang seluas-luasnya dengan masyarakat, silahkan sampaikan aspirasi pada kami, tentu akan kita tindaklanjuti,” katanya.

Melalui aplikasi ini masyarakat juga bisa memantau sampai sejauh mana aspirasi yang disampaikan ini ditindaklanjuti oleh Pemkot Semarang. Mekanismenya, menurut Supriyad mirip Lapor Hendi yang dikirim melalui SMS.

Kalau e-Sarapan tidak hanya soal aspirasi atau permasalahan yang ada di masyarakat, tapi juga usulan kegiatan pembangunan, harapan akan kota ini dan lain sebagainya. ”Jadi mari kita sama-sama membangun kota ini agar semakin hebat,” tandas Supriyadi.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan aplikasi E-Sarapan ini diharapkan mampu menjadi jawaban bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi namun terkendala oleh kesibukan. ”Kalau melalui sistem elektronik ini masyarakat dengan mudah bisa menyampaikan saran, aspirasi dan harapan,” kata Supriyadi.

Aplikasi ini rencana akan diperluas dengan memanfaatkan media sosial yang ada saat ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa didownload melalui playstore sehingga makin memudahkan masyarakat dalam menyampaikan uneg-unegnya. Untuk sementara ini masyarakat bisa mengakses melalui www.dprd.semarangkota.go.id/sarapan.

Sementara itu Dirut Dinustech, Muhammad Sidiq menambahkan, aplikasi e-Sarapan ini merupakan salah satu inovasi yang bagus dalam rangka mendekatkan antara dewan dengan masyarakat. Saat ini eranya adalah teknologi informasi sehingga lembaga pemerintah harus memanfaatkan kemajuan teknologi ini dalam rangka meningkatkan kinerjanya.

”Äpa yang dilakukan oleh DPRD Kota Semarang ini merupakan langkah maju sehingga makin memudahkan komunikasi dengan masyarakat,” katanya. Ke depan aplikasi ini bisa dikembangkan diselaraskan dengan perkembangan media sosial serta kemajuan teknologi seperti melalui android atau plathfom. (duh)

You might also like

Comments are closed.