Dua Gol Mukri Beri Kemenangan Pertama PSIS

METROSEMARANG.COM – PSIS akhirnya memetik kemenangan pertama di Indonesia Soccer Championship (ISC) B. Mahesa Jenar sukses menundukkan tamunya PSIM Yogyakarta 2-1 lewat dua gol Hari Nur Yulianto.

Duet bek muda PSIS turun sebagai starter di laga melawan PSIM Yogyakarta, Sabtu (21/5) sore. Pelatih Eko Riyadi mengistirahatkan AM Bahtiar dan memberi kesempatan Anhar Latif berduet dengan M Tegar Pribadi untuk mengawal pertahanan Mahesa Jenar.

Perubahan juga terjadi di lini tengah. Dani Raharjanto bakal mengisi sayap kanan PSIS menggantikkan Wage Dwi Aryo. Eks bek sayap PSIM Topas Pamungkas juga harus memulai pertandingan dari bench. Posisinya diisi oleh Fajar Bagus Bintoro.

Hari Nur Yulianto memborong dua gol kemenangan PSIS. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Hari Nur Yulianto memborong dua gol kemenangan PSIS. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

 

Tuan rumah langsung mengambil kendali permainan sejak awal laga. Strategi memainkan empat gelandang berkarakter menyerang secara bersamaan cukup ampuh memberi tekanan ke area pertahanan Laskar Mataram.

Peluang pertama PSIS hadir lewat Feri Ariawan saat pertandingan berumur tiga menit. Namun, tendangannya masih melayang tipis di atas mistar gawang Oni Kurniawan.

Di menit 10 giliran M Yunus yang menebar ancaman. Sepakan bebas pemain bernomor tujuh ini masih meleset tipis dari bidang sasaran. Semenit berselang, tendangan Feri Ariawan memaska Oni berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Go yang ditunggu-tunggu publik Jatidiri akhirnya tercipta lewat sundulan Hari Nur di menit 19. Gol ini berawal dari pelanggaran terhadap Johan Yoga di sisi kiri pertahanan PSIM. Tendangan bebas yang dieksekusi M Yunus mampu dituntaskan dengan dingin oleh Hari Nur dan bersarang di pojok kiri gawang Oni.

Tertinggal satu gol tak meruntuhkan mental pemain-pemain PSIM. Johan Arga cs hanya butuh waktu enam menit untuk menyamakan skor.

Buruknya koordinasi barisan pertahanan tuan rumah dimanfaatkan oleh Juni Riady untuk mengecoh kiper Fajar Setya yang sudah telanjur meninggalkan gawang.

Gol Juni Riady makin memompa semangat penggawa Laskar Mataram. Tim tamu nyaris berbalik unggul di menit 33. Pratama Gilang Ramadhan lolos dari pengawalan Safrudin Tahar di sisi kanan pertahanan PSIS dan melepaskan sepakan yang masih melenceng di sisi kiri gawang Fajar.

Menjelang akhir babak pertama, PSIS melakukan perubahan dengan memasukkan Ahmad Agung menggantikan Edy Anto. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, hujan deras mengguyur Stadion Jatidiri. Kedua tim sama-sama belum mengendurkan tensi pertandingan.

Tuan rumah kembali melakukan pergantian pemain dengan menyuntikkan Johan Foranda dan memarkir Dani Raharjanto. Perubahan ini cukup efektif menambah intensitas serangan dari sisi sayap.

Hari Nur! Seisi Jatidiri kembali bergemuruh saat pertandingan memasuki menit 59. Hari Nur sukses memanfaatkan kesalahan bek PSIM saat menyapu umpan dari Jordan. Pemain berjuluk Mukri ini kemudian melepaskan tendanga keras ke gawang. Bola sempat diblok Oni Kurniawan dan meluncur masuk ke dalam gawang PSIM.

Di sisa pertandingan kedua tim silih berganti menciptakan peluang. Tiga menit sebelum laga usai, PSIS nyaris menambah keunggulan andai Feri Ariawan tidak terlambat menyambut umpan Safrudin Tahar.

Skor 2-1 bertahan sampai wasit Hipni meniup peluit akhir pertandingan. Hasil ini mendongkrak posisi Mahesa Jenar ke posisi tiga Grup 4 dengan koleksi lima poin. M Yunus dkk berada di bawah Persibat Batang dan Persijap Jepara yang masih kokoh di puncak klasemen dengan torehan tujuh angka. (twy)

Susunan Pemain

PSIS 4-2-3-1: Fajar Setya Jaya; Fajar Bagus, Tegar Pribadi, Anhar Latif, Safrudin Tahar; M Yunus, Edy Anto; Dani Raharjanto, Feri Ariawan, Hari Nur; Johan Yoga

PSIM 4-2-3-1: Oni Kurniawan; Edo Pratama, Riskal Susanto, Said Mardjan, Sunni Hizbullah; Dimas Priambodo, Hendika Arga; M Juny Riady, Pratama Gilang Ramadhan, Rangga Muslim; Johan Arga

You might also like

Comments are closed.