Dua Museum Malaysia Ikut Meriahkan Museum Mart di Ranggawarsita

METROSEMARANG.COM – Museum Ranggawarsita menjadi tuan rumah gelaran Museum Maet 2016. Acara ini akan digelar selama enam hari dari 12-17 Mei, dengan melibatkan peserta dari luar negeri.

Prasetyo Aribowo
Prasetyo Aribowo

Berbeda dari tahun lalu, kali ini acara tahunan ini dihadiri 25 museum, dengan tiga di antaranya dari luar negeri. Yaitu Malaysia yang mengirimkan dua perwakilan museumnya melalui Museum Dewan Tun Abdul Razak Serawak dan Museum Sabah. Sedangkan Brunei Darussalam mengirimkan Museum Negeri Brunai.

Dalam pameran ini akan dipamerkan sebanyak 247 koleksi dari semua museum yang berpartisipasi dalam International Museum mart. Sementara koleksi unggulan dalam pameran ini adalah manik-manik Borneo. Mengusung tema Keberagamaan dalam Persatuan diharapkan pameran ini dapat mempererat hubungan antar negara peserta pameran.

“Saya berharap kerjasama dapat ditingkatkan di masa yang akan datang,” ungkap Prasetyo Aribowo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah di sela-sela acara pembukaan International Museum Mart pada Kamis (12/7) malam.

Ia juga menambahkan bahwa acara ini dapat memberikan manfaat bagi generasi muda dalam memahami sejarah dan budaya daerah. “Kami berharap pemahaman museum di masyarakat semakin meningkat,” ujarnya. (yulikha elvitri)

You might also like

Comments are closed.