Dua Pendaki Slamet Ditemukan Alami Hipotermia

METROSEMARANG.COM – Setelah sempat hilang sehari di Gunung Slamet, Riza dan Anwar, akhirnya ditemukan selamat oleh regu penyelamat Basarnas Kantor Semarang pada Senin (18/7) sore ini. Meski begitu, kondisi mereka lemas dengan tubuh menggigil kedinginan (hipotermia).

Ilustrasi  Foto: manusialembah.blogspot
Ilustrasi
Foto: manusialembah.blogspot

Menurut Koordinator pos Cilacap, Mulwahyono keduanya ditemukan tim penyelamat pukul 11.00 WIB oleh Pegawai Dinas Pariwisata Guci, Tegal tepat di kebon teh perbatasan hutan Gunung Slamet.

“Pegawai Dinas Pariwisata Guci kebetulan melintas di jalur Guci. Tepatnya di antara kebun teh dan hutan. Mereka ada di sana,” ungkapnya.

Saat ditemukan, Anwar dalam kondisi lemah sedangkan Riza terindikasi syok dan hypotermia. Tim Basarnas, kata Mul lalu membawa mereka ke Puskesmas Bumijawa Tegal, untuk diperiksa lebih lanjut. “Dilihat lebih mendalam kondisi kesehatan mereka,” papar Mul lagi.

Ia bilang dua pendaki itu nyaris naik ke puncak Slamet. Namun, saat jalan di batas vegetasi Gunung Slamet, mereka bingung menuju arah pulang.

Dari keterangan korban, karena terhalang kabut. Pandangan mereka terbatas karena kabut tebal sehingga tidak tahu arah turun via Kedawung.

Mereka akhirnya memutuskan turun gunung melewati jalur Guci. Peristiwa tersesatnya mereka bermula saat serombongan pendaki 14 orang pada Kamis pekan lalu hendak mendaki Gunung Slamet.

Riza dan Anwar yang tertinggal menyusul rombongan. Rombongan pertama akhirnya memutuskan untuk tidak jadi naik ke Gunung Slamet karena cuaca hujan deras. (far)

You might also like

Comments are closed.