Dua Proyek Bantuan APBN Ini Tidak Selesai Sesuai Target

METROSEMARANG.COM – Dinas Perdagangan Kota Semarang memastikan akan memblacklist (masuk daftar hitam) kontraktor pembangunan Pasar Simongan dan Pasar Johar baru di eks Pasar Kanjengan. Ancaman tersebut apabila masing-masing kontraktor pembangunan dua pasar tersebut kembali tidak bisa menyelesaikan pekerjaan.

Pembangunan Pasar Simongan dipastikan molor. Foto: metrosemarang.com/dok

Baik kontraktor pembangunan Pasar Simongan maupun Johar sebelumnya tidak bisa menyelesaikan pekerjaan di akhir tahun 2017. Kemudian disetujui permohonannya untuk dilakukan perpanjangan waktu dengan janji akan menyelesaikan pekerjaan sampai 100%.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, proyek pembangunan Pasar Simongan diperpanjang waktunya sampai dengan 20 Januari 2018. Sedangkan proyek Pasar Johar baru di eks Pasar Kanjengan diperpanjang sampai 27 Januari 2018.

‘’Kedua kontraktor dua pasar itu mengajukan perpanjangan dan siap menyelesaikan pekerjaan 100% karena takut diblacklist. Mereka siap (membangun) pakai dana sendiri. Jadi daripada diblacklist, mereka siap menyelesaikan dengan dana sendiri,’’ kata Fajar, Selasa (16/1).

Karena dianggap ada niat baik pihaknya akhirnya memberikan perpanjangan waktu. Jika diblacklist maka perusahaan kedua kontaktor itu tidak akan bisa mendapatkan pekerjaan selama dua tahun anggaran.

Sebaliknya, bagi Pemkot Semarang dengan adanya pekerjaan diselesaikan 100% maka kegiatan tahap berikutnya tidak akan terganggu. Misalnya, yakni relokasi pedagang Pasar Simongan dari tempat penampungan ke pasar baru tetap bisa dilakukan secepatnya.

‘’Kalau penempatan atau memasukan kembali pedagang ke Pasar Simongan terlambat, dampaknya cukup banyak, salah satunya akan timbul kemacetan karena penampungan pedagang berada di pinggir jalan,’’ jelasnya.

Namun, Fajar memastikan jika setelah diberikan perpanjangan waktu kontraktor tidak bisa menyelesaikan 100% pekerjaan sesuai yang dijanjikan, maka pasti akan diblacklist. Selain itu, selama perpanjangan waktu juga tetap dikenai denda 1/1000 per mil dari nilai kontrak.

Seperti diketahui, hingga batas akhir waktu kontrak di tahun 2017 pekerjaan pembangunan Pasar Simongan yang didanai oleh APBN hanya selesai 62%, sedangkan Pasar Johar baru yang juga didanai APBN hanya selesai 81%. Sisa anggaran kemudian dikembalikan lagi ke Pemerintah Pusat. (duh)

You might also like

Comments are closed.