Dukungan Terbelah, Pemuda Pancasila di Semarang Pecah?

Sejumlah personel Pemuda Pancasila saat menghadiri halal bihalal di Lapangan Kagok, Minggu (16/8). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Sejumlah personel Pemuda Pancasila saat menghadiri halal bihalal di Lapangan Kagok, Minggu (16/8). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Sikap Pemuda Pancasila yang bermanuver di bursa Pilwakot 2015, memunculkan sinyalemen keretakan di tubuh ormas kepemudaan terbesar di Ibukota Jateng tersebut. Pasalnya, satgas keamanan itu sejak dua hari terakhir terlihat berpihak pada dua kubu kandidat Wali Kota Semarang.

Seperti diketahui, personel Pemuda Pancasila dalam tahap penetapan peserta definitif Pilwakot pada Selasa (24/8) kemarin tampak jelas mendukung kandidat bernomor urut 3 yang diusung Gerindra, Sigit Ibnugroho-Agus Sutyoso (Sibagus). Tapi, di hari berikutnya tepat tanggal 25 Agustus 2015 mereka melompat ke kubu pasangan nomor urut 1, Soemarmo-Zuber Safawi (Maju).

Namun, Ketua Lembaga Pendidikan dan Pendampingan Hukum (LPPH) Pemuda Pancasila Semarang, Adi Prakoso menegaskan tak ada keretakan di tubuh organisasinya. Sikap anggotanya yang dukung-mendukung paslon seperti itu, memang tidak dilarang oleh organisasinya. “Hanya saja, mereka jangan sampai keluar jalur keorganisasian,” katanya, saat dihubungi metrosemarang.com, Rabu (26/8).

Menurutnya, PP sebagai ormas kepemudaan terbesar di Ibukota Jateng tetap solid meskipun segelintir anggotanya memihak dua kubu paslon. “Meski mendukung paslon dimana-mana tapi kita tidak keluar jalur dan tetap solid berorganisasi,” katanya.

Saat ini, Pemuda Pancasila punya 900 anggota ber-KTA. Diluar itu, masih ada ribuan anggota Satma Pemuda Pancasila yang tersebar di penjuru Kota Semarang.

Sebelumnya, sejumlah anggota ormas yang identik dengan warna oranye itu juga terlihat dalam acara halal bihalal bersama Soemarmo di Lapangan Kagok, Minggu (16/8). Sementara, salah satu organisasi sayap Pemuda Pancasila Kota Semarang, Satuan Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) sudah memutuskan untuk memberikan dukungan kepada pasangan Hendi-Ita.

Di satu sisi, Ketua DPC Pemuda Pancasila Kota Semarang Joko Santosa justru menjadi Ketua Tim Pemenangan Sibagus). Namun, Wakil Ketua DPRD Kota Semarang itu menegaskan bahwa status tersebut tidak ada kaitannya dengan PP, melainkan sebagai kader Partai Gerindra. (far)

You might also like

Comments are closed.