Ealah, Anas Ajak Adiknya yang Masih Sekolah Ngembat Burung dan Mobil

Ketiga pelaku setelah diringkus di Mapolrestabes Semarang. Foto: Metro Semarang/Ilyas Aditya
Ketiga pelaku setelah diringkus di Mapolrestabes Semarang. Foto: Metro Semarang/Ilyas Aditya



SEMARANG – Aparat Polrestabes Semarang berhasil meringkus komplotan maling mobil, pada Jumat (3/11) pukul 05.30 WIB. Mereka kedapatan menggondol beberapa ekor burung dan mobil mewah di dua tempat sekaligus.

Komplotan yang merupakan kakak dan adik, yakni Muhamad Anas Ali (21), warga RT 13/RW IV, Dusun Krajan II, Desa Secang, Kabupaten Magelang, serta  kedua adik kandungnya yang berinisial ASB (15) dan Awaq (15).

Sang kakak Ali, yang merupakan otak pencurian mengatakan, nekat mencuri karena tergiur melihat mobil mewah yang terparkir di rumah korbannya. “Saat itu, saya mau nyolong burung di halaman rumah. Tapi kebetulan saya lihat ada mobilnya juga dan langsung saya bawa kabur,” tutur residivis curanmor yang sempat mendekam di penjara dua kali tersebut, saat digelandang ke Mapolrestabes Semarang, Selasa (11/11).

Ironisnya, tak hanya menggondol mobil saja, dia juga nekad mengajak adiknya yang masih sekolah untuk membantunya mencuri kendaraan bermotor di rumah seorang warga yang tinggal di Magelang.

Bahkan bersama adiknya juga, dia  sempat  menggasak burung cucak rowo milik warga Perumahan Diponegoro Semarang, pada 2 Oktober 2014 sekitar pukul 16.00 WIB sore. “Saat itu, keduanya saya ajak menuju ke lokasi naik motor kemudian saya ambil burung di dalam sangkar itu,” imbuh dia.

Sementara, Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Djihartono menyebut, ketiga pelaku semula ditangkap saat kasus pencurian burung, kemudian dikembangkan dan terungkap pernah  mencuri mobil. “Mereka curi mobil di Magelang dan Tembalang Semarang,” ujarnya.

Djihartono menambahkan, pelaku memakai mata pisau dan gergaji untuk mencongkel pintu mobil secara paksa. “Dugaan sementara, sasaran mereka mobil dan motor. Kami tidak percaya mereka hanya menggondol burung,” imbuh Djihartono.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan mobil dan sebuah ponsel Blackberry, motor Kawasaki Ninja warna hijau nopol AA 3592 AT, serta Honda Astrea nopol AA 3559 CK, sebagai barang bukti. (Yas)

You might also like

Comments are closed.