Edukasi Penggunaan Masker Ganda Yang Baik Dan Benar

 

BATANGMETROSEMARANG.COM Penyebaran Covid-19 telah menjadi perhatian baik masyarakat maupun pemerintah. Dengan adanya laju penyebaran yang semakin meningkat membuat pemerintah lebih tanggap dan mengeluarkan berbagai kebijakan. Salah satu kebijakan yang baru-baru ini dianjurkan pemerintah untuk memperlambat laju penyebaran Covid-19 yaitu dengan menggunakan masker ganda.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan hasil studinya mengenai efektivitas masker. Penelitian CDC menunjukkan bahwa penggunaan dua lapis masker dapat menyaring virus Covid 19 sampai 90%. Selain penggunaan masker ganda, menyimpulkan tali masker juga efektif dalam menyaring virus Covid-19 hingga presentase yang sama besarnya.

Cara menggunakan dua lapis masker adalah dengan menggunakan kombinasi dua jenis masker yang berbeda. Satu masker bedah (surgical mask) digunakan terlebih dahulu sehingga berada di dalam, lalu satu masker kain digunakan setelahnya sehingga terletak di luar. Penggunaan dua masker bedah atau dua masker kain tidak diperlukan.

Ada beberapa kombinasi masker yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Di antaranya : Tidak boleh menggunakan 2 masker medis secara bersamaan. Sebab, masker medis tidak dirancang untuk digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker.

Lalu, jangan menggabungkan masker KN95 dengan masker lainnya. Karena masker KN95 sebaiknya digunakan sendiri dan tidak diperuntukkan melapisi masker apapun, baik sebagai lapis pertama maupun seterusnya.

Hindari menggunakan masker yang memiliki katup udara, karena berpotensi sebagai celah masuknya virus.

Tujuan dari penggunaan masker ganda adalah untuk tambahan filtrasi sampai dengan 90%. Selain itu, masker kain berfungsi untuk memastikan bahwa sisi kanan, kiri, dan bawah wajah kita tertutup rapat sehingga tidak memungkinkan virus untuk masuk.

Salah satu mahasiswa Undip pada hari Rabu (28/07) memberikan sosialisasi tentang penggunaan masker ganda yang baik dan benar kepada warga RT 02/RW 02 Pasekaran Batang secara door to door karena masih adanya PPKM darurat. Selain sosialisasi, kegiatan yang dilakukan adalah pembagian masker gratis untuk warga.

“Alhamdulillah saya senang sekali adanya sosialisasi ini saya jadi mengetahui masker mana yang efektif untuk digunakan serta penggunaan masker ganda yang dianjurkan pemerintah sekarang”, ujar Bu Pardiyah salah satu warga RT 02 Desa Pasekaran.

“Program ini diharapkan dapat membantu warga untuk mengetahui penggunaan masker yang efektif, karena masih banyak warga yang tidak mengetahui tentang masker dan asal pakai saja”, ujar Mesha mahasiswa KKN Undip di Desa Pasekaran Batang. (dan)

You might also like

Comments are closed.