Edyan! Suhu Semarang Capai 35°C Siang Ini

ilustrasi
ilustrasi

SEMARANG – Memasuki musim kemarau, suhu udara di sebagian wilayah Jawa Tengah hingga saat ini mencapai kisaran  34-35 derajat celcius atau mendekati cuaca ekstrim. Peningkatan suhu tersebut sudah terjadi selama sejak sepekan lebih.

Prakirawan BMKG Semarang, Rosidah, menyampaikan hari ini di kota Semarang saja maksimum suhu udara mencapai 34,4 derajat. Kategori itu masih berada di atas normal, namun belum begitu ekstrim. “Puncak panas hari ini terjadi  pada pukul 13.00 WIB, yakni sekitar 35 derajat celcius,” tuturnya Selasa (16/9).

Ia mengungkapkan, panas suhu bumi terjadi karena radiasi matahari langsung ke permukaan bumi yang  terjadi sepanjang bulan September di mana posisi matahari bergerak tepat di garis khatulistiwa yang membelah Indonesia. Selain itu ia juga menambahkan, panas bumi  diprediksi memicu kekeringan di berbagai wilayah Jawa Tengah bagian selatan. “Beberapa wilayah dari 30 kabupaten/kota, sudah ditetapkan zona rawan kekeringan sejak awal September lalu,” pungkasnya. (Yas)

You might also like

Comments are closed.