Eko Ingin Pelanggan Alfamart Siapkan Kantong Belanja Sendiri

Ilustrasi Foto: dok alfamart
Ilustrasi
Foto: dok alfamart

METROSEMARANG.COM – Industri ritel modern diwajibkan memberlakukan kantong plastik berbayar sebagai upaya mengurangi limbah plastik. Pemerintah dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) sepakat melakukan uji coba per 21 Februari 2016 bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), dengan harga minimal Rp 200 per kantong plastik.

Kebijakan tersebut ditanggapi positif oleh salah satu ritel toko modern Alfamart. Branch Corporate Communication PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Eko Mujianto mengungkapkan, pihaknya mendukung langkah pemerintah dalam menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar.

Agar tak ada hambatan, kata Eko, pihaknya menyiapkan petunjuk pelaksanaan aturan baru itu untuk wilayah Semarang dan sekitarnya. “Kami telah mengirimkan petunjuk pelaksanaan tentang kantong plastik berbayar di toko dan tim operasional untuk wilayah Semarang dan sekitarnya,” kata Eko kepada metrosemarang.com, Senin (22/2).

Eko pun berharap kepada masyarakat agar mulai mengubah kebiasaan memakai kantong plastik saat berbelanja. Dia menghimbau kepada masyarakat agar mulai membiasakan membawa kantong belanja sendiri dari rumah. Karena hal kecil tersebut diyakini dapat mengurangi jumlah penggunaan kantong plastik yang akhirnya banyak menjadi sampah. (din)

 

You might also like

Comments are closed.