Eko Riyadi Belum Patenkan Starting XI PSIS

METROSEMARANG.COM – Pelatih PSIS Eko Riyadi masih terus bereksperimen dengan komposisi starting XI timnya. Pilihan itu kemungkinan juga bakal diberlakukan saat skuat Mahesa Jenar meladeni tuan rumah PSIR Rembang, Sabtu (28/5) sore.

PSIS telah melakoni tiga pertandingan di Grup 4 Indonesia Soccer Championship (ISC) B. Dari tiga laga tersebut, Eko Riyadi selalu menampilkan komposisi berbeda, dengan hasil dua kali imbang dan sekali menang.

M Yunus, salah satu pemain yang selalu bermain 90 menit dalam tiga laga PSIS. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
M Yunus, salah satu pemain yang selalu bermain 90 menit dalam tiga laga PSIS. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Sejauh ini, Eko sudah memainkan 16 pemain, tujuh di antaranya selalu menjadi starter. Tercatat hanya empat nama yang selalu bermain 90 menit, yakni kiper Fajar Setya Jaya, Safrudin Tahar, M Yunus dan Johan Yoga Utama.

Bek kiri dan winger menjadi pos yang paling sering ‘diacak-acak’ eks pembesut Persitema Temanggung. Pos bek kiri diisi bergantian oleh Fajar Bagus dan Topas Pamungkas. Sedangkan, winger kanan dan kiri diperebutkan oleh lima pemain, yakni Feri Ariawan, Hari Nur, Wage Dwi Aryo, serta dua pemain muda Dani Raharjanto dan Jordan Foranda.

Belakangan, Eko juga melakukan rotasi di jantung pertahanan dengan mengistirahatkan AM Bahtiar dan memberi kesempatan Anhar Latif berduet dengan sesama pemain muda M Tegar Pribadi. Saat menjungkalkan PSIM Yogyakarta, akhir pekan kemarin, pelatih 47 tahun itu bahkan mengganti lima pemain yang mengisi starting XI kala diimbangi Persibat Batang.

Eko pun berdalih, bongkar pasang tersebut merupakan bagian strategi tim. “Kami tidak mungkin mengandalkan pemain yang sama dalam setiap pertandingan. Perubahan itu tentunya juga disesuaikan dengan lawan yang dihadapi,” katanya, Jumat (27/5).

Dia juga tak terlalu khawatir bahwa komposisi pemain yang selalu berubah akan menyulitkan anak buahnya untuk menyatu sebagai tim. “Yang berubah hanya pemainnya saja, skema tetap 4-2-3-1. Para pemain juga sudah enjoy dengan formasi ini, sehingga tak ada masalah soal siapa yang bakal mengisinya,” imbuh Eko.

Johan Yoga dkk sudah bertolak ke Rembang pada Jumat (27/5) pagi dan langsung menjajal lapangan Stadion Krida, sore harinya. Kemenangan atas Laskar Dampo Awang bakal menjaga kans PSIS untuk bersaing dengan pemuncak Grup 4 Persijap Jepara. (twy)

You might also like

Comments are closed.