Eksepsi 12 Terdakwa Kasus Sweeping Social Kitchen Ditolak

METROSEMARANG.COM – Nota keberatan (eksepsi) para terdakwa kasus sweeping Social Kitchen Solo, pada Senin (10/4), dipastikan ditolak majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang. Proses sidang dengan agenda pembacaan tanggapan jaksa itu dipimpin langsung oleh Pudjo Widodo sebagai ketua majelis hakim PN Semarang.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Ada 12 pelaku yang kembali dihadirkan dalam sidang lanjutan di PN Semarang. Merekq antara lain Ketua Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS) Edi Lukito, Koordinator LUIS Endro Sudarsono, beserta Joko Sutarto, Yusuf Suparno, Suparwoto, Margiyanto, Yudi Wibowo, Ranu Muda Adi Nugroho, Sri Asmoro Eko Nugroho, Kumbang Saputra, Mujiono Laksito dan Mulyadi.

“Ada kalimat setidaknya dalam wilayah Pengadilan Negeri Surakarta, sehingga keberatan terdakwa ditolak,” ungkap Pudjo di muka sidang.

Ke-12 terdakwa nantinya dijerat dengan pasal 170 ayat 1 jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Lebih lanjut lagi, ia menyebut bahwa penyusunan berkas dakwaan dari jaksa penuntut umum selama ini sudah lengkap. Karena itulah, dirinya menampik tuduhan juga sudah memuat locus delicti atau tempat terjadinya tindak pidana.

Tak hanya itu saja, protes kuasa hukum terdakwa ihwal penyebutan nama Desa Banjarsari Solo juga ditolak hakim. Sebab, kesalahan penggunaan nama itu tertutupi oleh frasa kalimat setidak-tidaknya dalam wilayah PN Surakarta.

“Soal status quo tugas peliputan, menurut hakim perlu diperjelas dalam persidangan selanjutnya,” katanya yang merujuk pada eksepsi Ranu Muda Adi Nugroho yang diklaim saat kejadian bertugas meliput aksi sweeping Social Kitchen.

Pihak pengadilan kini sendiri menerima kelengakapan surat dakwaan dari jaksa. Untuk agenda pekan depan ialah pembuktian dakwaan. “Akan diadakan Kamis (13/4) nanti,” jelasnya.

Sedangkan Dwi Harjanto, kuasa hukum para terdakwa, tetap mempersoalkan ketidakakuratan lokasi sweeping di Solo. Selain itu, ada pula status terdakwa atas nama Ranu Muda Adi yang saat ini jadi jurnalis yang khusus meliput aksi sweeping LUIS. (far)

You might also like

Comments are closed.