El Nino ‘Terjang’ Semarang Hingga April 2016

Foto: ilustrasi El Nino
Foto: ilustrasi El Nino
METROSEMARANG.COM – Badai El Nino diperkirakan melanda Kota Semarang dan sekitarnya hingga April 2016 mendatang. Hal itu setidaknya terlihat dari hasil pengamatan citra satelit milik Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Semarang per hari ini, Minggu (22/11).
Kepala Seksi Observasi BMKG Kota Semarang, Agus Sudaryatno mengatakan efek El Nino kini sudah dirasakan warga setempat berupa anomali cuaca yang kian tak menentu. Bahkan, saat ini hujan dengan intensitas sedang disertai angin kencang kerap melanda sebagian wilayah Semarang mulai sore hingga tengah malam.
“Kita terkena dampak El Nino di bulan ini dan efeknya sangat mempengaruhi perubahan iklim di Semarang yang begitu cepat,” kata Agus.
El Nino, kata Agus, juga telah merubah cuaca menjadi ekstrem lantaran hujan lebat bisa datang setiap waktu dan sering disertai hembusan angin kencang dan kilatan petir.
“Ini masih terjadi hingga April 2016 mendatang,” terang Agus.
Untuk itu, pihaknya tengah gencar menginformasikan keakuratan cuaca kepada masyarakat di Semarang termasuk menggelar koordinasi bersama Dinas Kelautan, Perkebunan, Pertanian, Kehutanan, PSDA, nelayan, petani dan lainnya.
“Biar masyarakat tahu soal informasi prakiraan cuaca yang akurat sehingga mereka bisa mengantisipasi ke depannya,” tegasnya. (far)
You might also like

Comments are closed.