Empat Bulan Tak Gajian, Ratusan Karyawan PT IGN Cepiring Wadul Dewan

METROSEMARANG.COM – Untuk kesekian kali, karyawan PT Industri Gula Nusantara (IGN) Cepiring Kendal menggelar aksi memerjuangkan gaji mereka yang belum dibayarkan perusahaan. Senin (14/3) siang ini, ratusan mendatangi kantor DPRD Kabupaten Kendal untuk mengadukan nasibnya kepada wakil rakyat.

Kedatangan ratusan karyawan PT IGN Cepiring  ini sempat ditolak pihak sekretariat dewan karena tidak ada surat pemberitahuan. Namun setelah bernegosiasi akhirnya Ketua Komisi D DPRD Kendal, Ainurokhim, menerima karyawan di depan lobi dewan.

Ratusan karyawan PT IGN  beraudiensi dengan anggota dewan, Senin (14/3). Foto: metrojateng.com
Ratusan karyawan PT IGN beraudiensi dengan anggota dewan, Senin (14/3). Foto: metrojateng.com

Di hadapan dewan, para karyawan ini mengaku sudah empat bulan tidak menerima gaji, terhitung sejak Desember 2015 hingga Maret 2016. Nasib 280 karyawan juga menggantung, pasalnya statusnya sudah di-PHK secara sepihak oleh manajemen perusahaan,  namun karyawan masih bekerja seperti biasa.

Imam Suwandi, salah satu perwakilan karyawan mengatakan, pihak manajemen khususnya direksi tidak pernah bertanggung jawab dan sulit jika diajak berdialog. “Karyawan sudah menerima PHK sepihak dari direksi, namun menolak dan tetap bekerja. Pihak direksi juga belum memberikan kewajibannya membayar gaji karyawan selama empat bulan,” katanya.

Sementara, menanggapi keluhan tersebut, Ketua Komisi D DPRD Kendal, Ainurokhim mengatakan, pihaknya akan berusaha mempertemukan direksi dengan karyawan serta dinas tenaga kerja. “Permasalahan gaji karyawan yang belum dibayarkan harus segera dituntaskan,” katanya.

Tanda-tanda ketidakberesan PT IGN sudah terlihat sejak akhir 2014 silam. Saat itu, mereka tak sanggup lagi membeli tebu hasil panenan para petani. Sejumlah persoalan di dalam internal perusahaan juga semakin memerkeruh situasi dan berujung dengan didepaknya Direktur Utama Togar Rudy Situmorang karena dianggap melakukan penggelapan uang perusahaan. (metrojateng.com/MJ-01)

You might also like

Comments are closed.