Empat Calon Haji Semarang Wafat Sebelum Berangkat

METROSEMARANG.COM – Memasuki musim ibadah haji 2017, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang menemukan enam calon haji (calhaj) membatalkan proses pemberangkatan ke Tanah Suci Mekkah.

Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok metrojateng.com

Kepala Kantor Kemenag Kota Semarang, Muhammad Habib mengatakan dari jumlah tersebut, empat orang di antaranya diketahui telah meninggal dunia akibat penyakit komplikasi jantung. Sedangkan dua jemaah lainnya menunda keberangkatan lantaran terhambat faktor teknis.

“Empat orang yang meninggal dunia itu berdomisili di wilayah kami,” kata Habib di kantornya Kalipancur Manyaran, Senin (24/7).

Ia mengatakan dengan kondisi tersebut, maka jumlah jemaah yang menunaikan ibadah haji saat ini sebanyak 2.108 jiwa.

Ia menjelaskan jemaah haji yang berangkat tahun ini merupakan para pendaftar sejak 2011 atau enam tahun silam. Untuk pendaftar tahun ini nantinya diberangkatkan 18 tahun mendatang.

“Karena memang antreannya sangat panjang seiring adanya penambahan kuota haji 10 ribu jiwa untuk semua wilayah Indonesia termasuk Semarang,” katanya.

Ia mengatakan para jemaah yang terbang ke Mekkah punya latar pendidikan beragam. Ia menyebut ada jemaah yang tidak pernah sekolah hingga jemaah bergelar profesor serta dari unsur TNI/Polri.

Lebih jauh lagi, jemaah termuda berusia 19 tahun sementara yang paling tua berusia 87 tahun.

“Untuk jemaah usia antara 11-20 tahun ada empat orang. Yang berusia 31 tahun ada delapan orang, jemaah usia 31-40 tahun ada 134 orang, jemaah usia 41-50 tahun ada 551 orang, jemaah usia 51-60 tahun ada 861 orang, jemaah usia 61-70 ada 417 orang dan jemaah usia 70-80 tahun ada 70 orang,” jelasnya.

Ia menerangkan para jemaah kini telah merampungkan manasik dua kali di kantor Kemenag kemudian enam kali di masing-masing kecamatan. (far)

You might also like

Comments are closed.