Enam Truk Penambang Pasir Tertimbun Longsor di Lereng Merapi

METROSEMARANG.COM – Enam truk penambang pasir di lereng Merapi, tertimbun longsoran tebing di Kali Bebeng, Cawang, Srumbung, Kabupaten Magelang, Sabtu (19/3), dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun dari 6 truk yang tertimbun, baru satu truk yang berhasil di evakuasi.

Enam truk pengangkut pasir itu tertimbun longsoran tebing setinggi 50 meter. Dari enam truk, tiga di antaranya tertimbun total dan lainnya masih terlihat rangkanya. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 00.00.

Saat itu terdapat puluhan truk yang berada di kali Bebeng. Puluhan penambang dan pengemudi juga berada di sana untuk mengambil pasir Merapi. Namun tiba-tiba terdengar suara bergemuruh. Mereka yang berada di Kali Bebeng langsung berlarian untuk menyelamatkan diri.

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Arif Sudrajat (31) warga Banyuagung, Srumbung mengatakan, setelah kejadian tersebut para penambang dan pengemudi meninggalkan armadanya. Evakuasi truk yang tertimbun dilakukan secara manual.

Menurut Arif, dari enam unit truk yang tertimpa longsoran tebing tersebut salah satunya milik Handoyo yang masih saudaranya. truk yang tertimbun bernopol  AA 1923 DK. Kemudian, truk lainnya dikemudi oleh  Hendrik dan Yoyok.

Sementara itu, di lereng Pegunungan Menoreh juga terjadi tanah longsor yang menimpa rumah milik  Mahfudin (28) warga Dusun Mlanden, Desa Jebengsari, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jumat (18/3), petang. Dinding rumah bagian belakang jebol tertimpa material longsoran. Kejadian itu juga tidak menimbulkan korban jiwa.

Mahfudin mengatakan,  sebelum longsor terjadi, ia sudah mengetahui kalau tebing di belakang rumah sudah terlihat merekah. Untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, ia bersama istri dan anak untuk sementara mengungsi di rumah tetangga.

Selain Mahfudin, tanah longsor juga menimpa  rumah Asirun, warga Dusun Ngemplak, Desa Krasak, Kecamatan Salaman. Tanah menimpa bagian dapur. Akibat kejadian itu ia mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. (metrojateng.com/MJ-24)

You might also like

Comments are closed.