Erik dan Melcior Beri PSIS Tiga Angka di Pontianak

METROSEMARANG.COM – PSIS memetik poin penuh dalam lawatan ke markas Persipon Pontianak, Sabtu (29/7) sore. Gol-gol Erik Dwi Ermawansyah dan Melcior Majefat hanya mampu dibalas oleh Gito Prasetyo.

Erik Dwi Ermawansyah (tengah) membuka gol kemenangan PSIS atas Persipon. Foto: metrosemarang.com

Tampil di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman, PSIS turun dengan formasi 4-2-3-1. Rekrutan anyar Melcior Majefat langsung jadi starter, mengisi sisi kanan penyerangan untuk mendistribusikan bola kepada Erik Dwi Ermawansyah bersama M Yunus dan Hari Nur.

Tiga menit pertandingan berjalan, PSIS mendapat peluang pertama melalui Erik. Crossing Hari Nur dari sisi kiri diteruskan dengan sundulan, tapi arah bola tepat ke pelukan Daeng Lukman.

Tuan rumah mencoba membalas lewat aksi Felix Fortunata di menit 10. Namun, tendangannya juga belum mengarah ke gawang Aji Bayu.

Usaha PSIS untuk mendominasi permainan mendapat perlawanan dari pemain-pemain Persipon yang cukup disiplin melakukan pressing. Kondisi rumput lapangan yang nyaris gundul juga membuat penggawa Mahesa Jenar kesulitan mengembangkan permainan.

Tim tamu kembali memeroleh kans mencetak gol saat laga berumur 31 menit. Kali ini eksekusi tendangan bebas Taufik Hidayat di depan kotak penalti Persipon masih bisa ditepis Daeng Lukman.

Persipon langsung membalas semenit berselang. Felix Fortunata melakukan akselerasi dari sayap kanan dan berhasil masuk ke area penalti. Sayang, sepakannya hanya menerpa sisi luar gawang Aji Bayu.

Skor kacamata menutup babak pertama.

PSIS melakukan perubahan strategi selepas turun minum. Ahmad Agung ditarik keluar dan digantikan Franky Mahendra. Kali ini tim tamu tampil dengan skema 4-4-2, di mana duet penyerang diperankan Hari Nur dan Erik.

Perubahan ini membuat permainan PSIS lebih agresif. Erik kembali menebar ancaman di menit 53. Memanfaatkan crossing Safrudin Tahar, heading striker PSIS masih melambung.

Percobaan Franky di menit 62 juga masih bisa dimentahkan kiper Daeng Lukman. Empat menit berselang, Felix Fortunata melakukan sepakan keras dan kali ini melayang di atas mistar.

Gempuran PSIS akhirnya berbuah hasil di menit 69. Erik Dwi sukses menaklukkan Daeng Lukman dan mengubah skor menjadi 0-1.

Unggul satu gol, pelatih Subangkit mencoba memerkuat lini tengah. Erik ditarik di menit 75 dan digantikan Saddam Sudarma Hendra. Kali ini Hari Nur bermain sebagai lone striker.

Mahesa Jenar makin menjauh di menit 78. Melcior Majefat yang menjadi aktornya usai memanfaatkan assist M Yunus, sekaligus menandai debut dengan torehan gol.

Tuan rumah akhirnya mampu menipiskan skor di menit 86. Aksi Gito Prasetyo gagal dihentikan Aji Bayu. Usaha Laskar Elang Khatulistiwa mencari gol penyama di sisa laga tak berbuah hasil.

Kemenangan 2-1 atas Persipon membawa PSIS menjauh dari kejaran rival di Grup 4. Haudi Abdillah cs mengoleksi 22 poin, unggul lima angka atas Persis Solo. (twy)

Susunan Pemain

Persipon 4-4-2: Daeng Lukman–Dias Riansyah, Imam Subekti (c), Andreas Karundeng, Rifki Fauzan; Thaufiq, Rian Firmansyah, Naldy Renaldy, Lingga Prasetio; Gito Prasetyo, Felix Fortunata

PSIS 4-2-3-1: Aji Bayu–Taufik Hidayat, Rio Saputro, Haudi Abdillah (c), Safrudin Tahar; Ahmad Agung, Ruud Gullid; Melcior Majefat, M Yunus, Hari Nur; Erik Dwi Ermawansyah

You might also like

Comments are closed.