Evakuasi 114 Penumpang Kapal Dharma Kencana II dari Karimunjawa Butuh Waktu 17 Jam

METROSEMARANG.COM – Kapal Dharma Lautan Kencana II rute Semarang-Pontianak mengalami kebakaran saat melintasi perairan Karimunjawa, pada hari ini pukul 04.15 WIB pagi. Tim gabungan Basarnas Jateng menyatakan hingga saat ini proses evakuasi para penumpang kapal nahas itu masih berlangsung.

Ilustrasi. Dermaga Karimunjawa
Foto: dok

Humas Basarnas Jateng, Zulhawary Agustianto menyatakan ada 114 penumpang yang sedang dievakuasi menuju Pelabuhan Kumai Kalimantan Tengah.

Proses evakuasi penumpang, kata Zulhawary diperkirakan butuh waktu sampai 17 jam karena menempuh perjalanan laut.

“Proses perpindahan penumpang belum selesai, dan diperkirakan perjalanan dari tempat kejadian perkara menuju Pelabuhan Kumai memakan waktu hingga 17 jam dengan menggunakan kapal RoRo,” ungkap Zulhawary, kepada metrosemarang.com, Minggu (29/10).

Kapal Roro yang dimaksud bernama KM Kirana I. Namun informasi terkini, proses perpindahan penumpang sudah selesai pada pukul 13.30 WIB. “Kirana I langsung menuju ke Pelabuhan Kumai,” jelasnya.

Saat menuju Kumai, KM Kirana I dijadwalkan memutar haluan untuk memberikan pertolongan baru melanjutkan perjalanan kembali ke Kumai.

Evakuasi juga melibatkan sejumlah kapal lainnya antara lain, KMP Kelimutu, KMP Ekspres Bahari, SAR Sadewa dan Kapal Pol Air. (far)

You might also like

Comments are closed.