Evakuasi Penumpang Kencana II Tuntas, Operasi Tim SAR Ditutup

METROSEMARANG.COM – Regu penyelamat Basarnas gabungan akhirnya mampu menuntaskan proses evakuasi para penumpang yang terkena imbas terbakarnya Kapal Motor (KM) Dharma Lautan Kencana II di perairan Karimunjawa, Jepara. Proses evakuasi rampung pada Minggu (29/10) malam.

KM Kirana I akan mengangkut penumpang KM Dharma Kencana II yang terbakar di perairan Karimunjawa. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Operasi SAR sudah ditutup tadi malam karena semua penumpang telah dipastikan selamat,” terang Zulhawary Agustianto, Humas Kantor Basarnas Jateng kepada metrosemarang.com, Senin siang (30/10).

Zulhawary menjelaskan penumpang Kapal Kencana II selama berada di Kumai Kalimantan Tengah (Kalteng), terkait pemberangkatan menuju Pontianak atau bagaimana, kini sudah dilimpahkan kepada pihak PT Dharma Lautan Utama (DLU) sebagai pemilik kapal nahas itu.

“Basarnas tetap memantau perkembangan terkini,” sergahnya.

Ia pun memuji kesigapan kru kapal dalam menyelamatkan nyawa penumpang kapal dari kobaran api. Ia menyebut nahkoda kapal juga gesit didukung peralatan yang memadai.

“Sebenarnya lebih kepada kesiapan anak buah kapal (ABK) dan nahkoda Dharma Kencana II yang cukup sigap dan memiliki alat penyelamatan yang memadai,” ungkapnya.

Kesigapan kru kapal itu, menurut Zulhawary dapat dilihat dari kinerja yang bahu membahu hingga dini hari. Mereka masih bisa melakukan evakuasi seluruh penumpang sehingga bisa cukup naik ke sekoci.

Diberitakan sebelumnya, Kapal Dharma Lautan Kencana II rute Semarang-Pontianak mengalami kebakaran. Kapal dilalap api saat melintasi perairan Karimunjawa, pada Minggu (29/10), pukul 04.15 WIB pagi. Di dalamnya terdapat 209 penumpang yang berhasil diselamatkan. (far)

You might also like

Comments are closed.