Siaran Video Langsung dari Akun Facebook dengan Facebook Live

Peta jurnalisme mendatang, akan berubah, setelah ada Facebook Live. Orang bisa “siaran langsung” dari smartphone, langsung melalui akun Facebook.

FACEBOOK LIVE. Produk Facebook untuk siaran langsung. Kelak mengubah peta jurnalisme dunia. Sudah coba?
FACEBOOK LIVE. Produk Facebook untuk siaran langsung. Kelak mengubah peta jurnalisme dunia. Sudah coba?

Facebook telah merubah cara orang berkomunikasi, merubah dari “mekanisme mengkonsumsi” (membaca berita, menuliskan status) menjadi “mekanisme produksi” (menulis berita dan membuat siaran langsung).

Meskipun terbilang terlambat dibandingkan Twitter dan Instagram, fitur siaran langsung dari Facebook sudah dilengkapi dengan API dan bisa diintegrasikan dengan website.

[box type=”info” align=”” class=”” width=””]FB Live berbentuk peta abu-abu dengan titik-titik biru khas Facebook, jika mouse di atas titik-titik itu, akan terdapat informasi siapa yang sedang siaran langsung melalui FB Live. Dengan catatan, titik-titik pada peta ini tidak permanen. Kalau siaran mereka selesai, titik itu hilang.[/box]

Tips menggunakan FB Live

Pastikan sudah menghubungi teman-teman kalau mau siaran langsung. Privacy sebaiknya di-set ke “Public” biar bisa ditonton semua orang. Pakailah koneksi wifi, sinyal kuat dan koneksi dewa, disarankan 4G. Tuliskan deskripsi menarik, agar diklik orang. Mereka yang nonton, bisa berlangganan notifikasi. Namanya juga jejaring sosial, sebaiknya ramah kepada mereka yang berkomentar. Video dengan durasi agak lama, besar kemungkinan lebih menarik banyak penonton. Selama komentar berlangsung, video masih tetap berputar. Gunakan salam perpisahan sebelum video berakhir. Tips dan trik lengkap memakai Facebook Live bisa dibaca di sini.

Saat diujicobakan untuk publik di awal April 2016, FB Live mengundang kontroversi karena video yang sudah dimuat tidak bisa dihapus. Sebaiknya, cobalah sendiri pada momen “live” Anda sekarang, untuk ditonton bersama kawan-kawan. Sampai sekarang, FB Live belum bisa diakses semua orang.

Anda bisa melihat siapa kawan Anda yang sedang siaran langsung dan membaca cara siaran langsung dengan mengakses website Facebook Live.

Silakan siaran langsung untuk memberitakan ulang tahun, acara bola, atau live akustik di kafe.[d]

You might also like

Comments are closed.