Fitur ‘Percakapan Rahasia’ di Facebook Messenger

Facebook akan terapkan fitur ‘percakapan rahasia’ di Facebook Messenger.

Facebook kembali mencoba fitur gaya-Snapchat dalam chat di Facebook Messenger. Pada kali keempat, Facebook Messenger menawarkan fitur enkripsi end-to-end antarpemakai yang lebih canggih daripada WhatsApp.

David Marcus, pimpinan Facebook Messenger menjelaskan fitur 'percakapan rahasia' dalam konferensi di San Fransisco (9/7). (photo: nytimes)
David Marcus, pimpinan Facebook Messenger menjelaskan fitur ‘percakapan rahasia’ dalam konferensi di San Fransisco (9/7). (photo: nytimes)

Proyek mempercanggih fitur perpesanan ini memang telah bertahun-tahun dikerjakan Facebook.

Perusahaan yang mengakuisisi WhatsApp senilai 3 milyar dolar pada tahun 2013 ini sudah kali keempat memperbaiki fitur perpesanan. Sejak tahun 2012, fitur signature bergaya Snapchat dikerjakan Facebook sejak 2012. Pada tahun 2013 Facebook membeli Whatsap, sampai kemudian aplikasi Facebook untuk Android sudah mengintegrasikan WhatsApp di dalamnya. Tahun 2014 Facebook meluncurkan fitur Slingshot. Tahun 2015, Facebook menguji pesan yang bisa hancur-sendiri, dan pada tahun 2016 ini Facebook sedang menawarkan fitur ‘perbincagan rahasia’.

WhatsApp sudah punya fitur ini tetapi cenderung terikat pada satu piranti, sedangkan fitur ‘percakapan rahasia’ di Facebook Messenger yang sedang dicobakan ini, bisa beralih ke sembarang piranti, asalkan terinstall Facebook Messenger.

Secara teknis, enkripsi ini sulit dilakukan tetapi Facebook sedang mengerjakan fitur ‘percakapan rahasia’, baru sebatas Facebook Messenger. Sekadar pengingat, WhatsApp juga sudah menjadi milik Facebook dan memakai jenis enkripsi percakapan berbeda.

Fitur ‘percakapan rahasia’, bedanya dari WhatsApp, sifatnya opt-in. Bergantung pada pilihan pemakai, hampir sama dengan opsi “private chat” yang tak-tersimpan, seperti di percakapan BBM.

Sebagai catatan, fitur ‘percakapan rahasia’ belum bisa diterapkan untuk konten semacam gambar-bergerak (GIF), video, catan pembayaran, atau fitur Facebook Messenger lainnya.

Kalau WhatsApp punya keistimewaan pesan bisa dihilangkan, sedangkan di fitur baru Facebook Messenger ini, orang bisa mengatur pewaktu dari setiap pesan, mau tetap ditampilkan sampai kapan.

Akankah Facebook Messenger semakin memakan space di ponsel Android dan berjalan lancar pada smartphone kelas menengah setelah fitur ini diterapkan? [d]

You might also like

Comments are closed.