Fasilitas Umum di Gua Kreo Rusak Parah

METROSEMARANG.COM – Sejumlah pengunjung menemukan kerusakan pada fasilitas umum yang ada di kawasan argo wisata Gua Kreo di Desa Kandri, Gunungpati Semarang. Kerusakan terparah dapat dilihat dari tiang lampu penerang taman dan bohlam lampu yang hilang dicuri orang tak dikenal.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Bekti Agung, seorang pengunjung asal Kabupaten Semarang mengaku kecewa saat menjejakan kakinya di tracking Gua Kreo. Selain minim fasilitas, menurutnya pengelola Gua Kreo juga mengemas acaranya dengan ala kadarnya.

“Cuma ada musik dangdut dan tidak ada tambahan acara lainnya. Untung saja di sini masih banyak ditemui kera ekor panjang sehingga bisa sedikit terhibur,” cetusnya kepada metrosemarang.com saat liburan akhir pekan di Gua Kreo, Minggu (9/7).

Ia menganggap pengelolaan Gua Kreo tak maksimal. Pengelola kawasan wisata tersebut juga kurang peka terhadap keinginan pengunjung sehingga banyak sarana dan prasarana yang kurang terawat.

“Gazebonya kelihatan kotor banget. Seharusnya kan bisa dibenahi lagi. Biar pengunjung yang datang jauh-jauh kemari enggak jijik,” ujar warga Kampung Jeleg Ungaran tersebut.

Senada juga diungkapkan oleh
Dewi Anjari. Dewi sapaan akrabnya mengatakan seharusnya pemerintah kota Semarang bisa mempercantik lampu penerang jalan yang ada di tracking Gua Kreo. Agar pengunjung yang datang bertambah nyaman.

“Di sepanjang jalan menuju gua saya lihat lampu-lampunya rusak. Malahan ada beberapa yang patah dan hilang. Ini sangat berbahaya terutama saat ada kunjungan saat sore menjelang malam hari,” kata Dewi.

Bagi warga Bergas Ungaran itu, Gua Kreo memang menyimpan sejuta pesona alam yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Ia yang mengajak suami dan anak-anaknya bahkan merasa betah berlama-lama berwisata sembari berswafoto di pinggir Gua Kreo.

“Pemandangannya bagus banget. Ya saran saya ke depannya mending diperbanyak lagi tong sampahnya, sering-sering dibersihin lagi biar enak dilihat,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala UPTD Agro Wisata Gua Kreo, Mamit Sumitra mengklaim sudah maksimal dalam membenahi fasilitas yang ada di lokasi tersebut.

Ia justru menyebut lampu penerang jalan masih memadai dan hanya butuh sedikit perawatan. “Sudah optimal kok pelayanan kami. Sejauh ini enggak ada keluhan. Yang rusak-rusak nanti kami perbaiki secara bertahap,” tuturnya. (far)

You might also like

Comments are closed.