Festival Durian Waduk Jatibarang Cetak Transaksi Rp 6,8 M

METROSEMARANG.COM – Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Semarang menyatakan pelaksanaan festival durian yang dihelat di lapangan Waduk Jatibarang Gunungpati, mampu mencetak transaksi hingga menembus angka Rp 6,8 miliar. Hitung-hitungannya, kata WP Rusdiana Kepala Dispertan, yakni satu buah durian terjual Rp 150 ribu.

WP Rusdiana menunjukkan durian unggul hasil panenan petani di Gunungpati. Festival Durian 2017 yang berlangsung di Waduk Jatibarang mampu meraup transaksi senilai Rp 6,8 miliar. Foto: metrosemarang.com/dok

“Untuk penutupan festival durian sampai pukul 15.00 WIB sore ini, sudah ada transaksi sekitar 45.130 buah durian yang terjual atau setara dengan Rp 6,8 miliar. Asumsinya, sebuah durian terjual Rp 150 ribu,” ungkap Rusdiana, Minggu (26/2).

Festival durian digelar selama tiga hari berturut-turut mulai Jumat (24/2) hingga sore hari ini. Selama tiga hari pemerintah kota Semarang memperkenalkan ragam varietas durian yang telah dipanen para petani setempat. Monti alias montong Gunungpati adalah varietas unggulan milik petani setempat.

Karena itulah, pemerintah kota ingin berulang kali menunjukkan bahwa Gunungpati dan Mijen merupakan lumbung durian dengan hasil panen yang berlimpah tiap tahunnya.

Lebih lanjut, Rusdiana mengatakan selama tiga hari itu pengunjung yang ada di lokasi festival diperkirakan mencapai 22.000 jiwa. Tak lupa, ia juga menguraikan transaksi yang besar juga mampu diraup pedagang-pedagang di deretan stand kuliner ada senilai Rp 57 juta.

Ia mengklaim sampai hari terakhir penutupan festival durian, para pengunjung masih berdatangan. Festival durian di Waduk Jatibarang merupakan kali pertama setelah tahun-tahun sebelumnya selalu diadakan di Mijen. (far)

You might also like

Comments are closed.