Festival Pengamen Hebat, Salam Dua Jari Membahana di Taman KB‎

Final Festival Pengamen Hebat di Taman KB, Sabtu (14/11) malam. Foto: metrosemarang.com/anton sudibyo
Final Festival Pengamen Hebat di Taman KB, Sabtu (14/11) malam. Foto: metrosemarang.com/anton sudibyo

 

METROSEMARANG.COM – Panggung terbuka Taman Menteri Supeno atau lebih dikenal sebagai Taman KB, Sabtu (14/11) malam ini meriah. Lebih dari lima ratus warga berkumpul menyaksikan Final Festival Pengamen Hebat.

Sepuluh grup pengamen menjadi finalis dalam ajang yang digelar Kiprah Pengamen Semarang (Kipas) ini. Masing-masing tampil membawakan dua lagu. Satu lagu wajib ialah “Salam Dua Jari”, dan satunya lagu pilihan.

Sepuluh finalis ialah ‎Besi Tua, Margi Lare, Mutiara, Bohemian, Puspa Mega, Java Siera, Galagazi, Gamlias, ATW, dan Gita Pesona. Mereka semua adalah para pengamen yang sehari-hari menyanyi di jalan, bus kota, pasar, dan sudut-sudut Kota Semarang lainnya.

Menarik sekali menyaksikan penampilan para pengamen. Jika biasanya mereka terlihat lusuh di jalan-jalan, kali ini tampil gaya dengan kostum beraneka ragam. Keterampilan bermusik dan kreatifitas aransemen pun tidak kalah dengan grup band yang biasa terlihat di parade dan festival musik.

Rata-rata mengaransemen ulang lagu “Salam Dua Jari” dengan cita rasa musik mereka sendiri. Ada yang bergaya country, keroncong, dangdut, maupun bossanova.

Para penampil memang dibebaskan berkreasi. Namun rata-rata senada ketika menyanyikan bagian reffrain, “Salam dua jari, jangan lupa pilih Mas Hendi”. Selalu, ketika sampai lirik ini, ratusan penonton ikut beryanyi. Walhasil,  “Salam Dua Jari” pun membahana di Taman KB berulang-ulang kali.

Ketua Kipas Marco Marnadi mengatakan, Festival Pengamen Hebat diselenggarakan sebagai salah satu bentuk sosialisasi kreatif mendukung Pemilihan Wali Kota Semarang 2015.

“Inilah kreativitas kawan-kawan pengamen dalam bermusik dan menunjukkan kerja kreatifnya mendukung pasangan calon nomor dua Bapak Hendrar Prihadi dan Ibu Hevearita. Kami berharap pengamen Semarang lebih diperhatikan dan digandeng pemerintah dalam berbagai kegiatan,” tandasnya. (byo)

You might also like

Comments are closed.