Fr Robertus Rubyatmoko Uskup Agung Semarang yang Baru

METROSEMARANG.COM – Pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus, pada Sabtu (18/3) waktu Vatikan, akhirnya menunjuk Fr Robertus Rubiyatmoko sebagai Uskup Agung Semarang yang baru. Penunjukan ini untuk mengisi kekosongan posisi Uskup Agung Semarang semenjak wafatnya Mgr Johannes Pujasumarta pada 10 November 2015 lalu.

Gereja Katedral

Menurut Radio Vaticana, penunjukan juga dilakukan lantaran Keuskupan Agung Semarang akan menjadi tuan rumah acara Asian Youth Day ke-7 pada 30 Juli hingga 9 Agustus mendatang, sehingga kehadiran uskup sebagai pimpinan tertinggi di wilayah tersebut mutlak dibutuhkan.

Frater Rubyatmoko lahir di Sleman, 10 Oktober 1963. Dia menempuh pendidikan seminari di Seminari St Petrus Kanisius Mertoyudan, Magelang, kemudian menyelesaikan studi filsafat dan teologi di Wedabhakti Pontifical Faculty of Theology, Universitas Sanata Darma, Yogyakarta.

Frater Rubyatmoko ditahbiskan menjadi imam pada 12 Agustus 1992 dan ditugaskan di Keuskupan Agung Semarang.

Pada tahun 1992-1993, Rubyatmoko menjadi asisten imam di Gereja Santa Maria Assumpta, Pakem, Sleman. Tahun 1993, dia melanjutkan studi Hukum Kanonik di Pontifical Gregorian University, Roma, Italia dan lulus tahun 1997.

Sejak tahun 1998, Rubyatmoko menjadi Profesor Hukum Kanonik di Fakultas Teologi Wedabhakti di Yogyakarta.

Pada 2011, Fr Rubyatmoko didaulat menjadi Vikaris Yudisial Keuskupan Agung Semarang. (ren)

You might also like

Comments are closed.