Gaji GTT Naik, Ini Reaksi Guru di Semarang

Ilustrasi
Ilustrasi

 

METROSEMARANG.COM – Kenaikan gaji Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Kota Semarang mendapat sambutan hangat dari kalangan guru. Sebagaimana diketahui Banggar DPRD Kota Semarang telah membuat keputusan penting dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016.

Di antaranya menambah Anggaran Dinas Pendidikan untuk peningkatan gaji GTT  dan PTT. Sebelumnya gaji mereka hanya di kisaran Rp 1 juta sampai Rp 1.25 juta. Dengan kebijakan terbaru, gaji mereka akan naik menjadi setara UMK 2016, yaitu Rp 1,9 juta.

Guru Multimedia SMKN 4 Semarang, Ananto Priyo Sugito mengaku senang mendengar kabar itu. Sebelumnya, dia  memang sudah mendengar dari teman-teman guru lainnya jika akan ada kenaikan gaji. “Namun kapan dan berapanya belum tahu. Baru sekarang, melihat besarannya saya bersyukur,” katanya di sekolah, (12/11)

Selama ini, gaji yang diterima Ananto setiap bulannya Rp 1,25 juta. Menurutnya gaji sebesar itu terkadang tak mencukupi kebutuhan dalam sebulan. Untuk menutupinya dia harus mencari penghasilan lain, yaitu membuka jasa pembuatan desain sesuai keahlian yang dimilikinya.

Kenaikan gaji GTT dan PTT rencananya akan diberlakukan mulai 2016 mendatang. Kepala SMKN 4 Semarang, Felik Yuniarto berharap kenaikan itu bisa meningkatkan kinerja para guru honorer di sekolahnya.

Di SMKN 4 Semarang, lanjut Felix, ada sejumlah 22 orang GTT dan  21 orang PTT. “Saya rasa itu keputusan yang bagus untuk menghargai pengabdian guru,” katanya. (arf)

You might also like

Comments are closed.