Galakkan Penghijauan, Kota Lama Kini Ditanami Belasan Pohon Pule

METROSEMARANG.COM – Guna menggalakkan aksi penghijauan di pusat perkotaan, sejumlah jalan di kawasan Kota Lama Semarang saat ini ditanami belasan bibit pohon pule. Penanaman pohon itu dilakukan sejak Senin (15/5) kemarin sore.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Di Jalan Letjen Soeprapto, para petugas Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Semarang mulai menanam pohon pule dari depan Jembatan Berok sampai depan gedung Samudera Indonesia.

Suhartono, seorang petugas DPU mengatakan penanaman pohon pule dikerjakan oleh dirinya hingga tiga hari ke depan.

“Sejak kemarin sudah ditanam 20 batang pohon pule, ini bermanfaat sebagai penghijauan di jalan raya Kota Lama sepanjang kurang lebih 150 meter,” ungkapnya kepada metrosemarang.com, Selasa (16/5).

Pohon pule, menurut Suhartono dipilih pihaknya karena punya khasiat mengobati asam urat dan koresterol. Tak hanya itu saja, lanjutnya pohon pule juga cepat tumbuh dalam kondisi cuaca kemarau.

“Ditanam sebulan sampai dua bulan sudah keliatan tumbuh daunnya. Akarnya juga tidak merusak paving Kota Lama, tapi sangat kuat tidak mudah tercabut,” bebernya.

Tjahjono Harjo, Anggota Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L), membenarkan ihwal penananan pohon pule di Kota Lama. Ia menegaskan bahwa hal ini dilakukan untuk penguatan jalur pedestrian sekaligus memperluas ruang hijau terbuka di kawasan heritage.

Selain di Jalan Letjen Soeprapto, pohon pule juga ditanam di ruas Jalan Empu Tantular. “Titik penanaman Jalan Empu Tantular berada di sepanjang bantaran Kali Semarang,” ujar Tjahjono saat dikontak terpisah. (far)

You might also like

Comments are closed.