Game Ini Bantu Anak Berkebutuhan Khusus Belajar Lebih Cepat

Ilustrasi
Ilustrasi

GAME di gadget tak lagi jadi dominasi anak-anak yang memiliki kesempurnaan fisik dan mental. Anak-anak berkebutuhan khusus pun kini dapat menikmati asyiknya bermain game di perangkat smartphone melalui game yang diciptakan oleh Dreamlight World Media.

Game yang diciptakan untuk platform Android itu meliputi dua kit. Kit kesatu dengan isi “Aku Bisa Membaca” dan “Aku Bisa Mengenal Warna dan Bentuk”, serta kit kedua “Saya Senang Membaca”.

Menurut Eko Nugroho, Presiden Direktur Dreamlight, game “Aku Bisa Membaca” terbukti berhasil mengenalkan huruf hanya dalam beberapa hari saja kepada anak-anak berkebutuhan khusus, khususnya penderita down syndrome.

Orang tua pun tak perlu khawatir anaknya akan kecanduan game. “Malah orang tua bisa menanyakan, apakah anaknya sudah memainkan game ini atau belum, karena game ini tidak membuat anak kecanduan secara negatif tapi mengajari anak untuk belajar lebih cepat,” katanya.

Eko mengatakan, peluncuran aplikasi yang digarap oleh divisi Game Bagus ini merupakan wujud kepedulian Dreamlight terhadap anak-anak, khususnya anak-anak berkebutuhan khusus. Dia berharap, game ini dapat membantu anak-anak berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran.

Peluncuran aplikasi ini disambut baik oleh Kepala SLB Negeri Semarang, Ciptono. “Ini sangat luar biasa. Kami yang sudah bertahun-tahun mendampingi ABK saja perlu waktu bertahun-tahun untuk mengenalkan satu huruf. Tapi ini sangat luar biasa hanya dalam waktu beberapa hari saja,” ujar Ciptono.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Playstore dengan mengetikkan kata kunci “Game Bagus” atau “Aku Bisa Membaca”. (ren)

Comments are closed.