Gamma Knife, Pengobatan Tumor Otak Tanpa Operasi

Sunway Medical Centre 

Salah satu perawatan yang paling efektif untuk tumor otak metastatik. Tumor otak ini adalah jenis kanker yang menyebar di seluruh otak.

SUNWAY Medical Centre (SunMed) mengenalkan teknologi pengobatan canggih untuk penyakit gangguan syarat dan tumor otak di Kota Semarang. Melalui radioterapi Gamma Knife, rumah sakit multidisiplin dari Malaysia itu menawarkan tindakan pengobatan tanpa operasi.

sunway kanker
Konsultan Kardiologi Sunway Medical Centre, Dr Mohd Kamal bin Mohd Arshad memaparkan program dari rumah sakit multidisiplin Malaysia itu pada acara gathering kesehatan di Elrina Resto Jl Pandanaran Semarang, Sabtu (6/10/2018). (foto: istimewa)

Teknologi tersebut diluncurkan di Malaysia pada November 2017. Gamma Knife merupakan mesin radiasi canggih yang dapat digunakan untuk mengobati sejumlah gangguan neurologis dan otak yang biasanya membutuhkan bedah saraf terbuka.

‘’Radioterapi otak Gamma Knife ICON adalah alat yang paling tepat untuk pengobatan tumor kranial dan kondisi neurologis fungsional lainnya. Sistem ini menggunakan serangkaian 192 balok sinar gamma yang tepat dan menghasilkan dosis radiasi pekat serta kuat saat berkumpul di tempat perawatan. Teknologi Dose Control sendiri memastikan jumlah radiasi dapat mencapai target dari segala arah,’’ Senior Manager, International Business Development Sunway Medical Centre, Faith Tang pada acara gathering kesehatan di Elrina Resto Jl Pandanaran Semarang, Sabtu (6/10/2018).

Diketahui, Gamma Knife ICON Surgery adalah salah satu perawatan yang paling efektif untuk tumor otak metastatik. Tumor otak ini adalah jenis kanker yang menyebar di seluruh otak.

‘’Pengobatan dengan Gamma Knife menyediakan antara 84 persen dan 97 persen kendali tumor lokal. Pasien dengan beberapa metastasis dapat diobati dengan teknologi tanpa bedah ini dalam satu atau beberapa sesi. Melalui teknologi tersebut dapat mengobati sejumlah gangguan neurologis termasuk metastase otak, malformasi arteriovenosa, nyeri saraf wajah (neuralgia trigeminal), meningioma, neuromas akustik, glioma dan tumor hipofisis,’’ jelasnya.

Sementara, Konsultan Kardiologi Sunway Medical Centre, Dr Mohd Kamal bin Mohd Arshad menjelaskan, penyakit jantung atau kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di sebagian besar negara dan sering dikaitkan dengan faktor gaya hidup yang kurang sehat. Sehingga meningkatkan risiko aterosklerosis atau penyempitan arteri.

‘’Masalah ini dapat diatasi dengan mengadopsi gaya hidup sehat. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan skrining dini dan teratur,’’ katanya.

Sunway Medical Centre bersama dengan Royal Papworth Hospital, United Kingdom akan menyelenggarakan Cardiac Vascular Centre baru di Sunway dengan mengadakan simposium untuk GP (dokter keluarga) pada 11 November 2018 dan simposium untuk dokter spesialis pada 12-13 November 2018 mengenai perawatan terbaru berkaitan dengan penyakit jantung dan paru-paru. Sunway Medical Center Cardiac Vascular Centre dilengkapi dengan makmal kateterasi yang terbaru dan modern di Malaysia. (ang)

Comments are closed.