Gangguan Cuaca Bikin Produksi Durian Anjlok

METROSEMARANG.COM – Dinas Pertanian Kota Semarang menyebutkan cuaca ekstrem yang melanda kota ini dalam beberapa bulan terakhir berimbas pada hasil perkebunan. Salah satunya komoditas buah durian yang dibudidayakan di Kecamatan Gunungpati, Mijen dan Ngaliyan.

Hasil panen durian di Semarang merosot akibat gangguan cuaca. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

‘’Akibat hujan disertai angin kencang yang sering terjadi di kawasan tersebut, menyebabkan bunga durian dan buah durian yang masih muda berguguran. Atau kalaupun bisa tumbuh besar buahnya berasa hambar,’’ kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Rusdiana.

Dikatakan, jika biasanya satu pohon mampu menghasilkan ratusan buah durian, namun musim buah durian saat ini hanya dapat menghasilkan rata-rata 50 buah durian. Diakui, sebenarnya ada tips yang kebanyakan sudah dilakukan petani agar pohon durian tetap bisa berbuah banyak dan kualitas rasanya terjaga.

Kerena itu, pihaknya menegaskan kondisi intensitas hujan tinggi pada saat ini tidak akan memengaruhi kualitas buah durian yang diekspos dalam Festival Durian di Waduk Jatibarang. Festival tersebut digelar semala tiga hari, sejak Jumat hingga Minggu (26/2).

‘’Untuk festival ini duriannya sudah pilihan. Untuk memenuhi permintaan stoknya tidak hanya dari durian lokal tapi juga berbagai jenis durian dari luar kota,’’ ujarnya.

Ditegaskan, pihaknya telah menyediakan sebanyak 20 ribu lebih buah durian untuk memuaskan pengunjung yang menghadiri festival di Waduk Jatibarang. Selama 3 hari penyelenggaraan, pengunjung mencapai sekitar 22 ribu orang, dengan total transaksi mencapai Rp 6,8 miliar. (duh)

You might also like

Comments are closed.