Gangguan Satelit Telkom, Hampir Semua ATM BCA di Semarang Mati Total

METROSEMARANG.COM – Gangguan pada satelit Telkom 1 langsung berdampak terhadap transaksi mesin anjungan tunai mandiri (ATM) BCA yang ada di sejumlah jalan raya Kota Semarang.

Salah satu mesin ATM BCA di Semarang yang tidak bisa berfungsi. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Metrosemarang.com memantau hampir semua ATM BCA yang terpasang di toko modern maupun pusat perbelanjaan tidak dapat digunakan.

Di salah satu toko Indomaret Jalan Untung Suropati, Manyaran misalnya, sebuah mesin ATM BCA tidak dapat dipakai sejak empat hari terakhir.

“Sudah empat hari offline karena berdasarkan informasi yang kami terima dari petugas BCA, satelit Telkomnya berada diluar orbit sehingga membuat jaringan internetnya terganggu,” kata Bondan Dwi Wiyasta, seorang penjaga Indomaret Jalan Untung Suropati kepada metrosemarang.com, Selasa (29/8).

Ia mengakui bahwa tak sedikit pengunjung yang kecele saat hendak bertransaksi di tempat kerjanya. Pada bagian depan mesin ATM BCA, telah dipasangi tulisan besar berbunyi ‘ATM Rusak’ tanpa ada keterangan lebih lanjut.

Padahal, menurutnya jumlah pengunjung yang bertransaksi di ATM BCA relatif banyak lantaran lokasinya yang berada ditengah pemukiman padat penduduk.

“Saya enggak tahu kapan akan dinormalkan kembali. Jika ingin bertransaksi bisa ke kantor cabang yang tidak mengalami gangguan,” bebernya.

Hal serupa juga ditemukan di Indomaret Jalan Simongan Gedung Batu. Di sana lagi-lagi ATM BCA offline. “Tidak bisa dipakai, Mas. Ada gangguan saat bertransaksi transfer uang,” aku Nadia, teller setempat.

Seperti diberitakan sebelumnya,
Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja dalam keterangan yang diterima metrosemarang.com bila gangguan mesin ATM BCA dipicu pada satelit Telkom 1 yang berada diluar jalur orbit.

Namun, nasabah BCA juga tetap dapat mempergunakan beragam solusi perbankan lainnya. “Nasabah dapat memperoleh informasi ATM BCA melalui‎https://www.bca.co.id/lokasi,” katanya.

Nasabah tetap dapat bertransaksi dengan menggunakan beragam solusi perbankan BCA yang lain seperti Debit BCA, BCA mobile, KlikBCA maupun layanan BCA yang lain. BCA juga akan mengganti biaya tarik tunai jika nasabah menggunakan mesin ATM bank lain. (far)

Comments are closed.