Ganjar Apresiasi UNBK SMA Berjalan Lancar

METROSEMARANG.COM – Evaluasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Hal ini untuk meminimalisasi terjadinya persoalan seperti yang terjadi saat UNBK SMK. Sebagaimana diungkapkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMA 3 Semarang, Senin (10/4).

Foto: metrosemarang.com

Menurut Ganjar setelah pelaksanaan UNBK SMK, Dinas Pendidikan Jateng kemudian melaksanakan berbagai evaluasi agar kejadian tidak terulang. Pada pelaksanaan kali ini, katanya, baik sekolah maupun siswa lebih siap dibanding tahun lalu.

”Kesiapan yang kami lihat terutama dari para siswa sendiri. Tadi sekilas kami perhatikan mereka tampak tenang dalam mengerjakan,” jelasnya.

Pihaknya juga mengapresiasi kesiapan sekolah yang menyediakan genset dan UPS untuk mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik. Selain itu, para teknisi juga bekerja hampir 24 jam untuk memastikan server aman digunakan.

”Sistemnya sudah bagus, kalau pun ada sedikit kendala karena model ujian seperti ini termasuk baru jadi wajar,” ujarnya.

Mengenai adanya persoalan saat UNBK SMK pekan lalu, Ganjar menyatakan hal itu karena persoalan teknis dari pusat. Persoalan ini juga bisa diatasi dengan ujian susulan.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Gatot Bambang Hastowo yang turut mendampingi Ganjar mengemukakan pada hari pertama UNBK dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, sejauh ini tidak ditemukan kendala. Meski demikian, pihaknya terus memantau dan tim yang ada di lokasi terdekat juga siap melakukan langkah jika ada persoalan.

”Untuk kendala saat pelaksanaan UNBK SMK beberapa waktu lalu karena masalah ada di server pusat. Persoalan ada pada distribusi soal melalui server yang tidak semuanya bisa diakses. Mudah-mudahan untuk tingkat SMA ini tidak ada,” jelasnya.

Ia menyebutkan,  di Jateng, jumlah sekolah setingkat SLTA yang mengikuti UNBK mencapai 82 persen atau sebanyak 2.735 sekolah, termasuk Paket C. Adapun total peserta baik UNBK maupun UNKP (Ujian Nasional Kertas dan Pensil) tingkat SLTA sebanyak 405.562 siswa dari 3.373 sekolah. (vit)

 

You might also like

Comments are closed.