Ganjar Ingin Ekspor Pepaya ke Rusia

METROSEMARANG.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginginkan adanya daftar komoditas yang dimiliki Jawa Tengah untuk bisa diekspor ke negara selain Cina dan Amerika. Selama ini, dua negara itu yang sering mendapatkan barang-barang hasil ekpor dari Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sambutan dalam acara serah terima jabatan kepala Bank Indonesia Perwakilan Jateng DIY, Senin (20/2). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Ganjar mencontohkan, buah pepaya yang melimpah di daerah Purworejo dan sekitarnya bisa menjadi potensi ekspor. “Di Rusia harga pepaya bisa mencapai sekitar Rp 200.000. Ini tentu saja merupakan potensi besar bagi Jawa Tengah yang mana hasil panennya melimpah,” papar Ganjar, Senin (20/2).

Selain itu, Ganjar juga pernah menawarkan contoh produk kopi dari Jawa Tengah ke luar negeri. Dia mengatakan, dengan mengenalkan produk-produk baru akan mampu kembali menggerakkan ekspor yang dirasa saat ini sedang melambat.

Dengan demikian, lanjut dia, masalah kemiskinan di Jateng, terutama bagi para petani akan bisa diatasi. “Kami sedang mencari jalan untuk menghubungkan ke beberapa negara yang berpotensi dimasuki produk-produk dari Jateng,” pungkasnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.