Ganjar Ingin Packaging Produk UMKM Dipercantik

METROSEMARANG.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melihat banyak hasil olahan, terutama makanan dan suvenir dari berbagai UMKM di Jawa Tengah. Ganjar menyarankan agar para pelaku UMKM membenahi packaging agar produk mereka bisa lebih bisa dijual, bahkan hingga mancanegara.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam pembukaan Parade UMKM BRI di Tri Lomba Juang Semarang, Jumat (5/5). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Makanannya enak, kerajinannya kreatif. Tetapi bungkusnya kurang menarik. Itu yang belum kita punya. Mari sama-sama kita benahi agar tidak kalah dengan produk luar negeri yang sebenarnya isinya biasa saja, namun orang tertarik membeli karena bungkusnya bagus,” kata dia saat membuka acara Parade UMKM BRI di Tri Lomba Juang, Jumat (5/5).

Ganjar juga ingin di tiap bungkus kerajinan tangan dibubuhkan sedikit cerita mengenai produk tersebut, mulai dari sejarah atau proses dan durasi pembuatan. Dengan demikian, pembeli akan merasa layak membayar dengan harga tinggi jika mengetahui kesulitan atau kerumitan hasil kerajinan tersebut.

BRI dan penyedia pinjaman lain juga diminta untuk memberikan pelatihan bukan sebatas saat pembuatan, namun hingga packaging dan pemasaran. “Sekarang semua serba online. Jika tidak ikut bergerak ke sana, kita akan ketinggalan. Tugas kita untuk mengantar para pelaku UMKM untuk mengenal dunia e commerce,” tukasnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.