Ganjar Mulai Petakan Lokasi Permukiman Baru buat Korban Longsor Purworejo

METROSEMARANG.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam waktu dekat segera memindahkan ratusan korban longsor di Purworejo ke lokasi yang aman. Ini merupakan keputusannya usai menyambangi spot bencana tanah longsor di kabupaten yang terletak di selatan Pulau Jawa tersebut.

“Masyarakat saya dekatin dan mereka mau kalau pindah. Saya tanya purun mboten pindah? Katanya, ‘kula nderek mawon dengan pemerintah’,” ungkapnya kepada wartawan di kantornya, Selasa (21/6).

Proses evakuasi korban longsor di Kabupaten Purworejo. Foto: metrosemarang.com/dok basarnas
Proses evakuasi korban longsor di Kabupaten Purworejo. Foto: metrosemarang.com/dok basarnas

Ganjar berkata relokasi memang harus dilakukan seperti apa yang telah dikerjakan pemerintah provinsi tatkala memindahkan para korban longsor di Dusun Jemblung, Banjarnegara dua tahun lalu.

Saat itu, katanya, korban longsor di Jemblung langsung dicarikan tempat permukiman baru tak jauh dari lokasi bencana. Untuk saat ini pun, Ganjar menerangkan, pihaknya mulai paralel memetakan lokasi pemukiman baru bagi warga Purworejo.

“Kita tuntaskan dulu recovery-nya biar rehabnya langsung siap. Nanti jumlah penduduknya berapa agar dapat dibuatkan rumahnya seperti kondisi di Banjarnegara,” jelasnya.

Ia mengatakan lagi kalau dana relokasi korban longsor nantinya memakai anggaran patungan dari pemerintah kabupaten, provinsi dan disinergikan dengan pemerintah pusat dan Corporate Social Responsibility (CSR) swasta. “Maka antara pemerintah, masyarakat dan pengusaha bisa bareng-bareng bantu bersama,” imbuhnya.

“Umpama kalau yang sawah, kita siapkan cadangan benihnya termasuk rehabilitasi dan  rekonsiliasi. Kita minta agar semuanya bisa bisa beres,” tutupnya. (far)

 

You might also like

Comments are closed.